Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif melalui Metode Mind Mapping di Kelas V SDN Tridadi

Damar Retnaningsih, Sri Tutur Martaningsih, Agus Supriyanto

Abstract


Peneliti menetapkan tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif melalui metode mind mapping di kelas V SDN Tridadi. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian yaitu siswa kelas V di SDN Tridadi dengan jumlah siswa sebanyak 26. Penelitian dilaksanakan Januari hingga April 2021. Ada tiga siklus, setiap siklus terdapat 2 pertemuan. Pengumpulan data dilakukan berdasarkan teknik tes dan non tes. Teknik tes dengan cara melihat hasil lembar kerja siswa, sedangkan teknik non tes menggunakan observasi siswa, observasi proses pembelajaran, dan angket kreativitas. Analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Instrumen penelitian yaitu butir soal, lembar observasi, dan angket. Hasil penelitian membuktikan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berpikir kreatif melalui metode mind mapping. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan pada indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu kelancaran, keluwesan, orisinalitas, dan keterperincian. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif berdasarkan banyaknya siswa yang tuntas sebelum tindakan sebanyak 8 siswa (30,77%). Pada siklus I meningkat menjadi 12 siswa (46,15%). Siklus II meningkat menjadi 19 siswa (73,08%). Pada siklus III yaitu 22 siswa (84,62%). Peningkatan pada siswa terlihat siswa mampu mengembangkan gagasannya lebih terperinci, menuliskan gagasan dalam bentuk peta konsep dengan lancar, memecahkan masalah sesuai dengan gagasan dan hasil pemikirannya sendiri. Hasil penelitian diharapkan dapat dipraktikkan guru dalam pembelajaran sehingga memudahkan belajar siswa. Penelitian ini juga dapat menjadi dasar sumber referensi bagi penelitian di masa mendatang.



Full Text:

PDF

References


Aprinawati, I. (2018). Penggunaan Model Peta Pikiran (Mind Mapping) Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Wacana Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2(1), 140–147. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.35

Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Darusman, R. (2014). Penerapan Metode Mind Mapping (Peta Pikiran) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa Smp. Infinity Journal, 3(2), 164. https://doi.org/10.22460/infinity.v3i2.61

Fitriyani, D., Sayodih, E., & Annisa N. (2017). Pengembangan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Pemahaman. Jurnal Educare UNLA, 2017, 4

Islami, F.N, Putri,G.M.D, & Nurdwiandari, P. (2018). Kemampuan Fluency, Flexibility, Originalitu dan Self Confidence Matematik Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1, 250 DOI 10.22460/jpmi.v1i3.249-258

Mahfud. (2017). Berpikir dalam Belajar; Membentuk Karakter Kreatif Peserta Didik. Jurnal Al Tarbawi Al Haditsah, 1, 8-9

Mariyani, N. W., & Sutama, M. (2013). Pengaruh Implementasi Strategi Mind Mapping. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar, 3(2).

Priantini, D. A. M. M. O., Atmadja, N. B., & Marhaeni, A. A. I. . (2016). Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Prestasi Belajar IPS. Jurnal Pendidikan Dasar, 3, 1–10. https://media.neliti.com/media/publications/119668-ID-pengaruh-metode-mind-mapping-terhadap-ke.pdf

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460

Rahayu, R. (2016). Peningkatan Karakter Tanggung Jawab Siswa Sd Melalui Penilaian Produk Pada Pembelajaran Mind Mapping. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(1). https://doi.org/10.24176/jkg.v2i1.562

Retnawati, H. (2016). Hambatan Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama Dalam Menerapkan Kurikulum Baru. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 390–403. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7694

Sujana, N., & Samatowa, U. (2011). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.

Sunardi, S., Kurniati, D., Sugiarti, T., Yudianto, E., & Nurmaharani, R. (2017). Pengembangan Indikator 4C’S Yang Selaras Dengan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Matematika Sma/Ma Kelas X Semester 1. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 7(2), 197. https://doi.org/10.12928/admathedu.v7i2.9159

Susanti, S. (2016). Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 25–37. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v1i1.9060

Susanto, A. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Sujana, N. Samatowa, Usman. (2011). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.

Wahyuni, L., & Rahayu, Y. S. (2021). Pengembangan E-book Berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan kelas XII SMA. BioEdu, 10(2), 314–325.

Widura, S. (2013). Mind Map Untuk Siswa. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Winarno. (2017). Penerapan Mind Map Dengan Model Pembelajaran Peradilan Semu Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN). Jurnal Integralistik, No. 1, 84

Wulandari, F. A., Mawardi, M., & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas 5 Menggunakan Model Mind Mapping. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 10. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17174

Zulfia Latifah, A., Hidayat, H., Mulyani, H., Siti Fatimah, A., & Sholihat, A. (2020). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan, 21(1), 38–50. https://doi.org/10.33830/jp.v21i1.546.2020


Refbacks

  • There are currently no refbacks.