Konseling Realita sebagai Usaha Mengembangkan Resiliensi Siswa

Dewi Afra Khairunnisa, Amien Wahyudi

Abstract


Resiliensi adalah kemampuan seseorang untuk bertahan, beradaptasi, pulih kembali, dan mencari jalan keluar dari berbagai permasalahan maupun tekanan yang terjadi dalam hidup dengan suasana hati dan pikiran yang tetap positif. Konseling realita adalah pendekatan yang berfokus pada permasalahan konseli di masa sekarang dan menekankan pada tanggung jawab konseli yang bertujuan untuk membantu individu menemukan kebutuhannya dengan prinsip 3R, yaitu right, responsibility, dan reality. Metode studi literatur dengan teknik pengumpulan data menggunakan peninjauan berbagai referensi yang berkaitan digunakan dalam penelitian ini. Dari studi literatur tersebut menghasilkan bahwa aspek yang terdapat dalam resiliensi adalah regulasi emosi, pengendalian impuls, optimis, analisis kasus, empati, efikasi firi, dan reaching out. Pelaksanaan konseling realita untuk meangani resiliensi pada diri individu merupakan sebuah tantangan sekaligus peluang bagi guru BK untuk beradaptasi dan meningkatkan kapabilitasnya  sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, S. (2017). Pengembangan modul bimbingan pribadi sosial untuk meningkatkan resiliensi Siswa Korban Bullying. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 82. https://doi.org/10.26858/jpkk.v0i0.3067

Ainiah, Q., Khusumadewi, A., Pd, S., & Pd, M. (t.t.). PENERAPAN KONSELING KELOMPOK REALITA UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI DIRI (SELF RESILIENCE) SISWA. 7.

Ariati, P. (t.t.). Peranan Guru Bimbingan dan Konseling dalam Pelayanan kepada Peserta Didik pada Masa Pendemi Covid-19 di SMP N 7 Muaro Jambi. 7, 9.

Astiti, P., Suminar, J. R., & Rahmat, A. (2018). Konstruksi Identitas Guru Bimbingan Konseling sebagai Komunikator Pendidikan. Jurnal Kajian Komunikasi, 6(1), 1. https://doi.org/10.24198/jkk.v6i1.7738

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 165. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2654

Frida, E., Pd, S., Pd, M., & Atikah, J. F. (2020). LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DITENGAH PANDEMI COVID-19. 7.

Heriyadi, A. (t.t.). FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN JURUSAN BIMBINGAN DAN KONSELING UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2013. 231.

Hidayah, R. (t.t.). STUDI TENTANG RESILIENSI PESERTA DIDIK KORBAN LABELLING. 9.

Izzatunnisa, L., Suryanda, A., Kholifah, A. S., Loka, C., Goesvita, P. P. I., Aghata, P. S., & Anggraeni, S. (2021). Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi dalam Proses Belajar dari Rumah. Jurnal Pendidikan, 9(2), 7–14. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v9i2.811

Kusumawati, T. I. (2016). KOMUNIKASI VERBAL DAN NONVERBAL. 6(2), 16.

Maharani, P. C. D. (2021). HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN RESILIENSI SISWA SMK NEGERI 1 WONOSEGORO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Empati-Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(1), 85–95. https://doi.org/10.26877/empati.v8i1.7977

Nisa, M. K. (t.t.). STUDI TENTANG DAYA TANGGUH (RESILIENSI) ANAK DI PANTI ASUHAN SIDOARJO A STUDY OF CHILDREN RESILIENCE IN SIDOARJO ORPHANAGES. 5.

Pratama, S. W. (t.t.). Diajukan kepada Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Surakarta Untuk Memenuhi Persyaratan Guna Memperoleh Gelar Sarjana Sosial. 151.

Prawitasari, I. (2020). IMPLEMENTASI PELAKSANAAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI MASA PANDEMI COVID-19: A LITERATURE REVIEW. Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 8.

Purwaningsih, H. (2021). PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MELAYANI PESERTA DIDIK DI MASA PANDEMI COVID-19. EDUCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran, 1(1), 36–44. https://doi.org/10.51878/educational.v1i1.53

Putri, L. W. (2020). DAMPAK PSIKOLOGIS PADA MAHASISWA BARU TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 [Preprint]. PsyArXiv. https://doi.org/10.31234/osf.io/6gp7v

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Taufiq, R., & Susanty, E. (2014). GAMBARAN RESILIENSI ANAK PASCA BENCANA BANJIR DI DESA DAYEUHKOLOT, KABUPATEN BANDUNG, JAWA BARAT. 15.

Wahyudi, A., Setyowati, A., & Partini, S. (t.t.). Biblioterapi: Pengembangan Resiliensi Individu di Era Covid 19. 7.

Wirastania, A., & Farid, D. A. M. (t.t.). Efektivitas Konseling Realita Terhadap Resiliensi Diri Mahasiswa. 5.

Yusuf, Y. P. (2016). SIGNIFIKASI GESTURE DALAM KOMUNIKASI DAN INTERAKSI DENGAN ORANG JEPANG. 8(1), 12.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.