Pengembangan Media Komik Strip dalam Layanan Bimbingan Kelompok untuk Mereduksi Perilaku Bullying Siswa

Dian Setiawan, hardi Prasetiawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan komik strip yang dapat digunakan dalam pemberian layanan bimbingan kelompok yang dapat digunakan dalam tema bullying yang notabennya komik strip sapat dimanfaatkan untuk menyalurkan pesan atau informasi dan komunikasi visual dari guru BK di sekolah kepada para siswa sehingga dapat menstimulus pikiran dan perasaan serta minatnya sehingga siswa mampu mengalami perubahan perilaku dan sikap kearah yang lebih baik. Metode penelitian ini merupakan penelitian research and development (RnD) yang dilakukan di SMA Negeri 4 Yogyakarta. Hasil penelitian ini akan menginformasikan implementasi pemanfaatan media komik strip sebagai media dalam layanan bimbingan kelompok untuk mereduksi perilaku bullying bagi siswa.  



Full Text:

PDF

References


Afriyeni, N. (2017). Perundungan maya (Cyber Bullying) pada remaja awal. Jurnal Psikologi Insight, 1(1), 25-39.

Azhari, R., & PURWOKO, B. (2018). Pengembangan Media Komik Sebagai Sarana Pengenalan Karir Siswa Kelas Iv Sdn 1 Babatan Surabaya. Jurnal BK UNESA, 8(3).

Fithria, F., & Auli, R. (2016). Faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku bullying. Idea Nursing Journal, 7(3), 9-17.

Febrian, F., Putra, I. D. A. D. P., & Komariah, S. H. (2020). Perancangan Webcomic Sebagai Media Edukasi Anti Cyberbullying Di Kalangan Remaja. eProceedings of Art & Design, 7(2).

Indaryati, I., & Jailani, J. (2015). Pengembangan media komik pembelajaran matematika meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 84-96.

Luawo, M. I. R., & Nugroho, I. T. (2018). Media Komik untuk Mengembangkan Pemahaman Kemandirian Emosional Siswa Kelas XI SMA Negeri 111 Jakarta. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 7(2), 121-132.

Pranowo, T. A., Sugiharto, D. Y. P., & Sutoyo, A. (2014). Pengembangan media bimbingan dan konseling melalui komik edukasi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1).

Prayitno dan Erman Amti.2018.Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling.Jakarta : PT RINEKA CIPTA

Rahayu, F. S. (2012). Cyberbullying sebagai dampak negatif penggunaan teknologi informasi. Journal of Information Systems, 8(1), 22-31.

Rahmanto, P., Dwikurnaningsih, Y., & Setyorini, S. (2019). Pengembangan Media Komik Untuk Mencegah Perilaku Bullying Siswa Kelas Vii. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Sumara, D. S., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Kenakalan remaja dan penanganannya. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 4(2).

Tumon, M. B. A. (2014). Studi deskriptif perilaku bullying pada remaja. CALYPTRA, 3(1), 1-17.

Wiryada, O. A. B., Martiarini, N., & Budiningsih, T. E. (2017). Gambaran cyberbullying pada remaja pengguna jejaring sosial di SMA negeri 1 dan SMA negeri 2 Ungaran. Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah, 9(1), 86-92.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.