Urgensi Bimbingan dan Konseling di Perguruan Tinggi

Dody Hartanto, Caraka Putra Bhakti, Cucu Kurniasih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang pentingnya bimbingan dan konseling di perguruan tinggi sebagai pusat bantuan mahasiswa. Mahasiswa sendiri merupakan seorang individu dengan permasalahan yang kompleks. Peralihan dari masa remaja ke masa dewasa awal sering kali menimbulkan problema yang sulit untuk diatasi oleh mahasiswa, terutama berkenaan dengan penyesuaian tugas-tugas baru pada fase perkembangannya. Permasalahan mahasiswa yang sering ditemui meliputi stress, kecemasan, gejala depresi, masalah makan, dan masalah psikologis lainnya, yang memiliki dampak negatif yang signifikan pada kinerja akademis dan kesehatan mental. Permasalahan-permasalahan tersebut jika tidak bisa ditangani dengan baik dapat mengakibatkan permasalahan yang lebih besar dan luas lagi, apalagi ditambah dengan adanya pandemi COVID-19 yang membawa berbagai perubahan dalam sistem perkuliahan maupun kehidupan secara umum. Oleh karena itu pusat bantuan mahasiswa di perguruan tinggi perlu diadakan, yang kemudian diistilahkan dengan bimbingan dan konseling perguruan tinggi. Tujuan dari bimbingan dan konseling perguruan tinggi sendiri adalah sebagai upaya perguruan tinggi memberikan bantuan terhadap permasalahan mahasiswa, terutama permasalahan yang tidak dapat ditangani oleh dirinya sendiri dan memerlukan bantuan profesional.



Full Text:

PDF

References


Agnoletto, R., & Queiroz, V.C 2020 COVID-19 and the Challenges in Education CEST, 5(02)

(American College Health Association. American College Health Association-National College Health Assessment, 2020.).

Beiter, R. dkk. (2015). The prevalence and correlates of depression, anxiety, and stress in a sample of college students. Journal of Affective Disorder 173. 90-96

Benton, S. A., Robertson, J. M., Tseng, W. C., Newton, F. B., & Benton, S. L. (2003). Changes in counseling center client problems across 13 years. Professional psychology: Research and practice, 34(1), 66.

Brunner, J.L. dkk. (2014). College Counseling Today: Contemporary Students and How Counseling Centers Meet Their Needs. Journal of College Student Psychotherapy. 28:257–324

Carlson E.R. 2020 COVID-19 and Educational Engagement. Journal of Oral and MaxillofacialSurgery. https://doi.org/10.1016/j.joms.2020.04.033

Cooley, E., Toray, T., Valdez, N., & Tee, M. (2007). Risk factors for maladaptive eating patterns in college women. Eating and Weight Disorders-Studies on Anorexia, Bulimia and Obesity, 12(3), 132-139.

Daniel, S.J. 2020 Education and the COVID 19 Pandemi Prospects. https://doi.org/10.1007/s11125- 020-09464-3

Fauziah, M., & Hartanto, D. (2020). Profil Pengalaman Situasi Krisis pada Mahasiswa. PD ABKIN JATIM Open Journal System, 1(2), 84-90.

Hodjes, S.J. (2016) College Counseling: Past, Present, and Future. The College and University Counseling Manual: Integrating Essential Services Across the Campus.

Hunt, J., & Eisenberg, D. (2010). Mental health problems and help-seeking behavior among college students. Journal of adolescent health, 46(1), 3-10.

Kumara, A., Bhakti, C. P., & Tentama, F. (2016). Developmental guidance and counseling comprehensive in Indonesia. In Proceeding of International Joint Seminar The Contribution of Education Institution to ASEAN Economic Community.

Lee, D. dkk. (2009). The Effects of College Counseling Services on Academic Performance and Retention. Journal of College Student Development. Volume 50 (3)

Nordin, N. M., Talib, M. A., & Yaacob, S.N. (2009). Personality, Loneliness and Mental Health among Undergraduates at Malaysian Universities. European Journal of Scientific Research, 36(2), 285- 298.

Prince, J.P. (2015). University student counseling and mental health in the United States: Trends and challenges. Mental Health and Prevention. Volume 3, 5-10.

Rodgers, L. S., & Tennison, L. R. (2009). A preliminary assessment of adjustment disorder among first-year college students. Archives of Psychiatric Nursing, 23(3), 220-230.

Sahu P. Closure of Universities Due to Coronavirus Disease 2019 (COVID-19): Impact on Education and Mental Health of Students and Academic Staff. Cureus. 2020 Apr 4;12(4).].

Seim, R.W., & Spates, C. R. (2010). The prevalence and comorbidity of specific phobias in college students and their interest in receiving treatment. Journal of College Student Psychotherapy, 24, 49-58.

Sugiharto, G. dkk. (2021). Laporan Hasil Asesmen Problematika Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan. Laporan Tidak diterbitkan

Susanto, A. (2018). Bimbingan dan Konseling di Sekolah: Konsep, Teori, dan Aplikasinya. Jakarta: Prenadamedia Group

Tosevski, D. L., Milovancevic, M. P., & Gajic, S. D. (2010). Personality and psychopathology of university students. Current opinion in psychiatry, 23(1), 48-52.

Verger, P., Guagliardo, V., Gilbert, F., Rouillon, F., & KovessMasfety, V. (2009). Psychiatric disorders in students in six French universities: 12-month prevalence, comorbidity, impairment and helpseeking. S ocial Psychiatry Psychiatric Epidemiology, 45(2), 189-199.

Yusuf, S. L. N, Sugandhi, N. (2020). Bimbingan dan Konseling di Perguruan Tinggi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Yusuf, S. L. N. (2017). Bimbingan dan Konseling Perkembangan (Suatu Pendekatan Komprehensif). Bandung: Refika Aditama

Zivin, K., Eisenberg, D., Gollust, S. E., & Golberstein, E. (2009). Persistence of mental health problems and needs in a college student population. Journal of affective disorders, 117(3), 180-185.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.