Modul Layanan Bimbingan Karir dalam Pengembangan Keterampilan Kerja untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0

Doni Syauqi, Caraka Putra Bhakti

Abstract


Penulisan ini memiliki tujuan yaitu memberikan tambahan informasi yang dapat digunakan dalam layanan bimbingan kelompok. Kemajuan revolusi industry 4.0 mengakibatkan banyaknya jutaan pekerjaan baru yang akan tercipta dan banyak pekerjaan yang akan menghilang digantikan oleh teknologi. Teknologi-teknologi tersebut juga memiliki dampak terhadap berbagai macam pekerjaan sehingga menuntut para pencari pekerjaan untuk memiliki keterampilan yang dapat mendukung dalam pekerjaan mereka. Keterampilan tersebut akan mempengaruhi siswa yang akan atau sedang merencanakan karir mereka, dimana siswa membutuhkan pengetahuan lebih mengenai keterampilan yang akan dibutuhkan oleh dunia kerja. Pada hal ini menuntut guru bimbingan dan konseling untuk memberikan yang terbaik bagi siswa terutama dalam layanan yang diberikan. Salah satunya layanan bimbingan kelompok. Layanan bimbingan kelompok dapat menjadi gerbang yang membantu meningkatkan keterampilan serta pemahaman siswa. Dengan efektivitas layanan bimbingan kelompok yang sudah banyak digunakan dan berhasil tidak menutup kemungkinan layanan bimbingan kelompok dapat membatu siswa dalam hal keterampilan kerja. Terdapat berbagai metode dan Teknik dalam bimbingan kelompok, seperti sosiodrama, psikodrama, roleplaying, simulation game dan lain sebagainya. Diharapkan dengan memanfaatkan berbagai metode dan Teknik dalam layanan bimbingan kelompok guru bimbingan dan konseling mampu memberikan layanan yang lebih beranekaragam dan menarik sehingga dapat mengeluarkan potensi siswa secara lebih luas.



Full Text:

PDF

References


Bhakti, Caraka Putra. (2017). Program Bimbingan Dan Konseling Komprehensif Untuk Mengembangkan Standar Kompetensi Siswa. Jurnal Konseling Andi Matappa. 1(1). 131-141.

Bhakti, C. P. (2018). Ketersediaan Sarana Dan Prasarana Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Menengah Di Kabupaten Gunungkidul. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 2(2), 100-104.

Frey, C. B., & Osborne, M. (2013). The future of employment.

Gerryts, E. W. (2018). Enhancing the employability of young adults from socio- economically challenged contexts (Doctoral dissertation, University of Pretoria).

Global Challenge Insight Report. (2016). The Future of Jobs Employment, Skills and Workforce Strategy for the Fourth Industrial Revolution. World Economic Forum.

Habsy, B. A. (2017). Seni memehami penelitian kuliatatif dalam bimbingan dan konseling: studi literatur. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 90-100.

Leopold, T. A., Ratcheva, V. S., & Zahidi, S. (2018). The future of jobs report 2018. World Economic Forum 2018. 2.

Nurillah, S.A.L. (2017). Program Bimbingan Kair untuk Meningkatkan Kematangan Karir Mahasiswa. Journal of Innovative Counseling: theory, Practice & Research. 1(1) 67-85.

Rahman, F. A., dan Bhakti, C. P. (2020). Implementasi Eksplorasi Karier Siswa di Era New Normal. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Mengukuhkan Eksistensi Peran BK Pasca Pandemi Covid-19 di Berbagai Setting Pendidikan.

Sachs, J., Rowe, A., & Wilson, M. (2017). Good practice report-Work integrated learning (WIL).

Surani, Dewi. (2019). Studi Literatur : Peran Teknologi Pendidikan dalam Pendidikan 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP. 2(1). 456-469.

Tan, L. M., & Fawzi, L. (2017). Employability skills required of accountants. In SHS Web of Conferences. 34.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.