Pemanfaatan Media Explosion Box dalam Layanan Bimbingan Kelompok sebagai Upaya Meningkatkan Komunikasi Interpersonal pada Siswa SMP

Dwita Maulida, Dian Ari Widyastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kebermaknaan media explosion box yang dapat digunakan sebagai alternatif solusi untuk meningkatkan komunikasi interpersonal. penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan desain studi kepustakaan/literatur. Data yang dikumpulkan berupa data teks dari jurnal dan buku yang relevan dengan variabel yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu berkaitan dengan komunikasi interpersonal dan bimbingan kelompok dengan media explosion box. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri. Analisis data dilakukan dengan cara menghubungkan, membandingkan, menafsirkan, dan menyimpulkan isi dari berbagai teks data yang digunakan. Hasil analisis menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal dapat ditingkatkan melalui bimbingan kelompok dengan media explosion box karena komunikasi interpersonal terjadi karena rendahnya seseorang dalam berkomunikasi. 



Full Text:

PDF

References


Anita Dewi Astuti, Sugiyo, S. (2013). Jurnal Bimbingan Konseling. 2(1), 50–56.

Bimbingan, Jurnal, & Indonesia, K. (2018). Peningkatan motivasi belajar melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik. 3, 3–7.

Bimbingan, Jurusan, Konseling, D. A. N., & Pendidikan, F. I. (2015). Peningkatan motivasi belajar siswa kelas viii melalui layanan bimbingan kelompok di smpn 1 semarang tahun ajaran 2014/2015.

Dharmayanti, P. A. (n.d.). TEKNIK ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN INTERPERSONAL SISWA SMK. (11).

Eprilisa Resinti Saputri, F. (2020). DEVELOPMENT OF EDUTAINMENT-BASED EXPLOSION BOX. 03(March), 57–65. https://doi.org/10.24042/ijsme.v3i1.5866

Masfufah, T. (2017). No Title. Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatan Motivasi Belajar Siswa Di MTSN 10 Sleman Yogyakarta.

Model, P., Kelompok, B., Self, T., Untuk, M., Kecemasan, M., Interpersonal, K., … Pontianak, N. (2015). Jurnal Bimbingan Konseling. 4(1), 15–22.

Rahmah, F. N., Kuswandi, D., & Mudiono, A. (2019). Level Kognitif Literasi Berbantuan Explosion Box Sastra terhadap Kemampuan Menemukan dan Memahami Konsep Moral Siswa Kelas IV SD. 504–509.

Risnawati. (2020). No Title. Pengembangan Media Explosion Box Berbasis Saintific Approach Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 34 Bandar Lampung.

Sricahyanti, E. N. (2015). Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Srie wahyuni, dina sukma. (2013). KONSELOR | Jurnal Ilmiah Konseling. 2, 324–329.

Widiarti, P. W. (n.d.). KONSEP DIRI ( SELF CONCEPT ) DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.