Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak di Era Society 5.0 dalam Perspektif Islam

Elfita Alif Diani, Nuri Cholidah Hanum, Zaenab Amatillah Rodhiyya

Abstract


Dunia saat ini dihadapkan pada tantangan kehidupan sosial yang besar. Setelah adanya era Industry 4.0 yang cukup membawa banyak perubahan, saat ini kita harus bisa menghadapi era Society 5.0. Munculnya Society 5.0 ini memberi tantangan tersendiri khususnya dalam dunia pendidikan. Akhlak adalah salah satu pedoman yang harus disiapkan khususnya untuk anak - anak dalam berperilaku, akhlak juga akan membentengi diri mereka dari perilaku yang kurang sesuai dengan syariat islam. Teknologi dalam hal ini sangat berperan penting dalam pengajaran nilai akhlak bagi anak - anak. Karena melalui berbagai media yang didesain semenarik mungkin, akan meningkatkan minat anak untuk mau melihat dan mempelajari ilmu akhlak yang ada di dalam media tersebut. Contoh media yang digunakan bisa seperti video edukatif, game edukatif, dan aplikasi edukatif lainnya. Dengan terus berkembangnya teknologi di era society 5.0 ini, kita sebagai calon tenaga pendidik harus dapat menempatkan teknologi bagi media pembelajaran, salah satunya adalah sebagai media dalam penyampaian nila akhlak kepada anak.


Full Text:

PDF

References


Bafadhol, I. (2017). Pendidikan akhlak dalam perspektif islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 45-61.

Budiman, A. & Fahma, I. (2015). Penerapan pendidikan akhlak di sekolah menengah pertama islam terpadu darut taqwa jenangan ponorogo tahun ajaran 2014-2015. At-Ta’dib 10(1),155–75.

Fakhruddin, A. (2014). Urgensi pendidikan nilai untuk memecahkan problematika nilai dalam konteks pendidikan persekolahan. Jurnal Pendidikan Agama Islam – Ta’lim, 12(1), 79-96.

Hudah, N. (2019). Penanaman nilai-nilai islam dalam membentuk akhlak mulia melalui kegiatan mendongeng di tk terpadu nurul amal buyuk bringkang menganti gresik. Fikroh: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 12(2), 1-19.

Jam’an. (2018). Pendidikan akhlak dalam al-qur’an kajian teori dan praktik. Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab, 4(1), 60-71.

Khayati, N. (2013). Pendidikan akhlak pada anak tunagrahita di sdlb negeri sukoharjo, margorejo, pati. IAIN Surakarta: PAI FTB.

Kurniawati, E. (2017). Penanaman nilai-nilai akhlak pada anak tunagrahita dalam pendidikan vokasional. Jurnal Penelitian, 11(2), 263-280.

Maulida, A. (2014). Kurikulum pendidikan akhlak keluarga dan masyarakat dalam hadits nabawi. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 3(6), 723–63.

Mulyana, R. (2011). Mengarahkan pendidikan nilai. Bandung: Alfabeta.

Nata, A. (2013). Akhlak tasawuf dan karakter mulia. Jakarta: Rajawali Pers.

Putra, P. H. (2019). Tantangan pendidikan islam dalam menghadapi society 5.0. Jurnal Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 19(2), 99-110.

Zamroni, A. (2017). Strategi pendidikan akhlak pada anak. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 12(2), 241. DOI:10.21580/sa.v12i2.1544.

Putra, Pristian Hadi. 2019. “Tantangan Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Society 5.0.” Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 19(02):99–110. doi: 10.32939/islamika.v19i02.458.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.