Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Media Audio Visual pada Siswa Kelas IV SD Negeri Sungapan Tahun Ajaran 2020/2021

Elia Mustikaningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika menggunakan Media Audio Visual di Kelas 4 SD N Sungapan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret - Mei. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilakukan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap Siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi serta refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Analisis data pada penelitian ini yaitu secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil penelitian yang diperoleh, dapat diketahui bahwa Media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas 4 SD N Sungapan pada materi pembulatan hasil pengukuran. 



Full Text:

PDF

References


Ahmad Rohani (2015). Media Intruksional Education. Jakarta: Rineka Cipta A.Suharsimi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : Rhineka Cipta.

Keengwe, J., & Georgina, D. (2012). The digital course training workshop for online learning and teaching. Education and Information Technologies, 17(4), 365–379. https://doi.org/10.1007/s10639-011-9164-x

Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung.:PT.Remaja Rosdakarya. A

Sri Subarinah.(2006). Inovasi Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Depdiknas.

Sudjana, Sudjana. & Ahmad Rivai. (2013). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sundayana, Rostina. 2014. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta

Syaiful Bahri dan Aswin Zain ( 2006), Strategi Belajar Mengajar, Ciputat Press, Jakarta

Udin S, dkk. (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wingkel (2009). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.