Analisis Bimbingan Karir untuk Meningkatkan Kesiapan Kerja pada Siswa SMK

Faizatul Falaqiyah

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengungkap berbagai informasi yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan atau studi literatur dengan menggunakan berbagai sumber bacaan yang diambil dari sebuah buku, jurnal maupun prosiding. Kesiapan kerja yaitu suatu keadaan yang dimiliki seseorang baik dari segi fisik dan mental yang memiliki keserasian satu sama lain sehingga individu tersebut mampu untuk melakukan pekerjaan yang telah dipilihnya. Siswa SMK yang mempunyai kesiapan kerja yang baik akan siap dan berani dalam memasuki dunia pekerjaan, sedangkan siswa yang tidak memiliki kesiapan kerja maka akan mengalami hambatan dalam memilih pekerjaan di masa depan. Untuk dapat membantu siswa memiliki kesiapan kerja yang baik maka dibutuhkan bantuan berupa layanan bimbingan dan konseling yakni berupa bimbingan karir yang bertujuan untuk membantu siswa dalam mengenal dirinya sendiri dan memberikan pengetahuan akan dunia pekerjaan. Berdasarkan hasil penelitian terdahulu dapat diambil kesimpulan bahwa bimbingan karir efektif untuk meningkatkan kesiapan kerja pada siswa SMK.  



Full Text:

PDF

References


Abubakar, S. R. (2011). Pelaksanaan Bimbingan Karir Bagi Siswa Sma Sebagai Persiapan Awal Memasuki Dunia Kerja1. Neliti, 01(34), 137–144.

Juwitaningrum, I. (2013). Program Bimbingan Karir untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa SMK. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 132. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v2i2.2580

Komar, T., & Nadia, F. (2016). MENINGKATKAN KESIAPAN KERJA SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK YPP , BEKASI.

Melfianora. (2019). Penulisan Karya Tulis Ilmiah dengan Studi Literatur. Open Science Framework, 1–3. osf.io/efmc2

Muspawi, M., & Lestari, A. (2020). Membangun Kesiapan Kerja Calon Tenaga Kerja. Jurnal Literasiologi, 4(1), 111–117. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v4i1.138

Neneng Mutmainah, Cucu Arumsari, F. N. I. (2020). Efektivitas Layanan Informasi Karier Menggunakan Teori Donald. E. Super Untuk Meningkatkan Kesiapan Kerja Siswa. 4(3), 114–125. https://doi.org/10.22460/q.v2i1p21-30.642

Sari, M., & Asmendri. (2018). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA, 2(1), 15. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/view/1555/1159

Seniawati, K., Suarni, M., & Putri, S. (2013). Efektivitas Teori Karier Holland Melalui Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Diri Terhadap Kesiapan Kerja Siswa. Jurnal Jurusan Bimbingan Dan Konseling Undiksha, 2(1).

Supriatna, M., & Budiman, N. (2009). Bimbingan Karir di SMK. Dalam E-Book, 1–72.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.