Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Pembelajaran IPA Kelas IV

Fajar Edi Mulyono, Sri Hartini, Santo Mugi Prayitno

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Subjek pada penelitian ini berjumlah 9 siswa yang terdiri 5 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Model yang digunakan adalah peneletian tindakan kelas. Data yang diperolah dari penelitian ini menggunakan metode observasi dan tes tertulis. Hasil dari penelitian ini diperoleh nilai rata-rata siswa kelas IV SD Bangunrejo 2 pada siklus 1 yaitu 58,22 dan pada akhir siklus 2 nilai rata-rata meningkat menjadi 74,22. Berdasarkan keterlaksanaan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.



Full Text:

PDF

References


Abdullah, Sani Ridwan. (2014). Pembelajaran Saintifik Untuk Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara

Asis Saefuddin & Ika Berdiati. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya

Barnawi, dan M. Arifin. (2012). Strategi & Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Peserta Didik. Yogyakarta: Deepublish.

Eggen, Paul, &Kauchak, Don. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: PT Indeks.

Hamdayama, Jumanta. (2016). Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Isjoni. (2014). Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta

Kurniasih, Imas & Berlin Sani. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Surabaya: Kata Pena.

Ngalimun. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Santrock, John W. (2007). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Anindyta, P., & Suwarjo, S. (2014). PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN REGULASI DIRI SISWA KELAS V. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 209–222. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2720

Qomariyah, E. N. (2017). Pengaruh Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPS. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 23(2), 132–141.

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan, 20(2), Article 2. http://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/JKI

Sulistyorini, Sri. (2007). Model Pembelajaran IPA Sekolah Dasar dan penerapannya dalam KTSP. Yogyakarta: Global Pustaka Ilmu.

Suwarma, Dina Mayadiana. (2009). Suatu Alternatif Pembelajaran untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Matematika. Jakarta: Cakrawala Maha Karya.

Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu : Konsep,Strategi, Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.