Media Sosial Sebagai Alternatif Layanan Bimbingan dan Konseling

Farhan Farhan

Abstract


Artikel ini mendeskripsikan tentang media sosial yang menjadi salah satu alternatif yang bisa digunakan dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling. Dalam pelaksanaannya, layanan bimbingan dan konseling menbutuhkan seorang yang profesional untuk memberikan bantuan kepada konseli. Pelaksanaan bimbingan dan konseling membutuhkan suatu media untuk membantu konselor menyelesaikan suatu masalah. Pelaksanaan bimbingan dan konseling sering mengalami masalah salah satunya yaitu bimbingan dan konseling yang masih bersifat konvensional, Media sosial merupakan perangkat teknologi informasi yang menghubungkan individu satu dengan individu yang lain. Media sosial bisa menjadi salah satu solusi untuk menghadapi masalah layanan bimbingan dan konseling.



Full Text:

PDF

References


Abadi, T. W., Sukmawan, F., & Utari, D. A. (2016). Media sosial dan pengembangan hubungan interpersonal remaja di Sidoarjo. KANAL: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 95-106.

Agustin, M. (2014). Bimbingan Konseling untuk Anak Usia Dini.

Alhadi, S., Supriyanto, A., & Dina, D. A. M. (2016). Media in guidance and counseling services: a tool and innovation for school counselor. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 1(1), 6-11.

Arsriani, I. A. I., & Darma, G. S. (2013). Peran Media Sosial Online Dan Komunitas Terhadap Keputusan Nasabah Bank. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 10(2), 48-68.

Basri, A. S. H. (2010). Peran media dalam layanan bimbingan konseling islam di sekolah. Jurnal Dakwah, 11(1), 23-41.

Basri, A. S. H. (2010). Peran media dalam layanan bimbingan konseling islam di sekolah. Jurnal Dakwah, 11(1), 23-41.

Falah, N. (2016). Peningkatan layanan bimbingan dan konseling melalui pelatihan pembuatan media bimbingan pada konselor sekolah di man lab. UIN Yogyakarta. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 13(1), 59-85.

Farisa, T. D., Deliana, S. M., & Hendriyani, R. (2013). Faktor-Faktor Penyebab Perilaku Seksual Menyimpang Pada Remaja Tunagrahita SLB N Semarang. Developmental and Clinical Psychology, 2(1).

Gunawan, Y. (1992). Bimbingan dan Konseling.

Hariko, R. (2017). Landasan filosofis keterampilan komunikasi konseling. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 2(2), 41-49.

Hikmawati, F. (2016). Bimbingan dan konseling. Rajawali Press.

Imawanty, I., & Fransiska, A. B. (2019, May). Guru Bimbingan dan Konseling Berkualitas di Era Revolusi 4.0: Pembelajar, Kompeten, dan up to Date. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 147-153).

Kamaluddin, H. (2011). Bimbingan dan konseling sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 17(4), 447-454.

Kamaruzzaman, K. (2017). Analisis Faktor Penghambat Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Atas. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 3(2), 229-242.

Kamaruzzaman, K. (2017). Analisis Faktor Penghambat Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Atas. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 3(2), 229-242.

Lalo, K. (2018). Menciptakan generasi milenial berkarakter dengan pendidikan karakter guna menyongsong era globalisasi. Jurnal Ilmu Kepolisian, 12(2), 8.

Mustaqim, A. (2019). Studi Karakteristik Konselor Di Era Disrupsi: Upaya Membentuk Konselor Milenial. Konseling Edukasi: Journal of Guidance and Counseling, 3(1).

Mutmainnah¹, A. N., Yulidah, R., & Yuniarti, S. (2017). Media Bimbingan Konseling Berbasis Hypermedia.

Prasetiawan, H. (2016). Cyber Counseling Assisted With Facebook To Reduce Online Game Addiction. Guidena: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 6(1), 28-32.

Prasetiawan, H., & Alhadi, S. (2018). Pemanfaatan Media Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah se-Kota Yogyakarta. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 3(2), 87-98.

Prayitno, E. A., & Amti, E. (2004). Dasar-dasar bimbingan dan konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Putranti, D. (2015). Studi Deskriptif Tentang Sarana dan Prasarana Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Pertama. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(1), 45-50.

Rhepon, S. (2019). PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PELAKSANAAN BIMBINGAN KLASIKAL OLEH GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH. Jurnal Bimbingan dan Konseling Borneo, 1(2).

Rizkiwati, C. D., Setyowani, N., & Mugiarso, H. (2014). Faktor-Faktor Hambatan Profesionalisasi Guru BK di SMA Negeri se-Kota Purwokerto. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 3(3).

Saputra, W. N. E. (2016). Evaluasi Program Konseling Individu Di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang Dengan Model Discrepancy. Jurnal Fokus Konseling, 2(1).

Saputra, W. N. E. (2017). Musik Dan Konseling: Sebuah Inovasi Dengan Mengintegrasikan Seni Kreatif Dalam Konseling. In Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling (Vol. 1, No. 1, pp. 395-401).

Sari, E. R., Giyono, G., & Mayasari, S. (2013). Faktor-Faktor Penghambat Pelaksanaan Program Bimbingan Dan Konseling. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 2(3).

Setiawan, M. A. (2015). Model konseling kelompok dengan teknik problem solving untuk meningkatkan self-efficacy akademik siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 4(1).

Setyawan, B. (2019). Pengembangan Media Google Site dalam Bimbingan Klasikal di SMAN 1 Sampung. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 6(2), 78-87.

Shofaria, N. (2018, November). Ragam Profesionalisme Guru Bimbingan dan Konseling Zaman Now. In Seminar Nasional Bimbingan Konseling (Vol. 2, No. 1, pp. 33-41).

Siswanto, T. (2013). Optimalisasi sosial media sebagai media pemasaran usaha kecil menengah. Liquidity, 2(1), 80-86.

Siswanto, T. (2013). Optimalisasi sosial media sebagai media pemasaran usaha kecil menengah. Liquidity, 2(1), 80-86.

Soliha, S. F. (2015). Tingkat ketergantungan pengguna media sosial dan kecemasan sosial. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 1-10.

Sujadi, E. (2018). Kode etik profesi konseling serta permasalahan dalam penerapannya. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(2), 69-77.

Triyono, T., & Febriani, R. D. (2018). Pentingnya Pemanfaatan Teknologi Informasi oleh Guru Bimbingan dan Konseling. JUANG: Jurnal Wahana Konseling, 1(2), 74-83.

Triyono, T., & Febriani, R. D. (2018). Pentingnya Pemanfaatan Teknologi Informasi oleh Guru Bimbingan dan Konseling. Jurnal Wahana Konseling, 1(2), 74-83.

Wardhani, N. S., Farida, E., & Yudha, E. S. (2019). Profil kompetensi pedagogik dan profesional guru bimbingan dan konseling SMA di Kota Bandung. Indonesian Journal of Educational Counseling, 3(2), 147-154.

Wibowo, D. M. L. M. E., & Tadjri, I. (2013). Pengembangan modul bimbingan karir berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan kematangan karir siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.