Konseling Individual Teknik Self-Management untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Akademik Siswa

Febi Nura Wiantisa, Dian Ari Widyastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang kebermaknaan teknik selfmanagement yang bisa digunakan sebagai alternatif solusi guna meningkatkan tanggung jawab akademik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan desain studi kepustakaan/literatur. Data yang dikumpulkan berupa data teks dari jurnal yang relevan dengan variabel yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu berkaitan dengan tanggung jawab akademik dan konseling individual teknik selfmanagement. Instrumen yang digunakan di dalam penelitian ini ialah peneliti itu sendiri. Analisis data dilakukan dengan cara menghubungkan, membandingkan, menafsirkan, dan menyimpulkan isi dari berbagai teks data yang digunakan. Hasil analisis menunjukkan bahwa tanggung jawab akademik dipandang dapat ditingkatkan melalui konseling individual teknik selfmanagement karena tanggung jawab akademik terjadi karena rendahnya selfmanagement seseorang dalam melaksanakan kegiatan akademik.



Full Text:

PDF

References


Astuti, B. (2012). Modul konseling individual. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, FIP UNY, Jakarta.

Barida, M., & Muarifah, A. (2019). Perbedaan Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling dalam Menyelenggarakan Konseling Individual Ditinjau dari Latar Belakang Pendidikan dan Pengalaman Bekerja. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 4(1), 22–29.

Candra, U., Wibowo, M. E., & Setyowani, N. (2014). Faktor–Faktor Penyebab Prokrastinasi Akademik pada Siswa Kelas XI SMA Negeri Kabupaten Temanggung. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 3(3).

Corey, G. (2015). Theory and practice of group counseling. Cengage Learning.

Dyanasta, R. (2015). Keefektifan Klarifikasi Nilai untuk Meningkatkan Kesadaran Nilai Tanggungjawab Akademik pada Siswa. Jurnal Psikopedagogia, 4(2), 132–146.

Kamelia, S., & Meilani, R. (2019). EFEKTIVITAS THERAPY GESTALT DALAM MENINGKATKAN RASA TANGGUNG JAWAB SISWA. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 2(3), 81–86.

Komalasari, G., & Wahyuni, E. (2011). Teori dan teknik konseling. Jakarta: Indeks.

Kusumadewi, K. R., & Sedanayasa, G. (2014). EFEKTIVITAS KONSELING GESTALT DENGAN TEKNIK “SAYA BERTANGGUNG JAWAB ATAS….” UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB AKADEMIK SISWA. 2(1), 10.

Lianawati, A. (2018). Implementasi keterampilan konseling dalam layanan konseling individual. Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Jambore Konseling 3.

Monica, M. A., & Gani, R. A. (2016). Efektivitas layanan konseling behavioral dengan teknik self-management untuk mengembangkan tanggung jawab belajar pada peserta didik Kelas XI SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung tahun ajaran 2015/2016. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 3(2), 119–132.

Prabowo, A. S., & Cahyawulan, W. (2016). Pendekatan Behavioral: Dua Sisi Mata Pisau. Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1), 15–19.

Puspitasari, N., Hidayah, N., & Setiyowati, A. J. (2020). Buku Panduan Pelatihan Tanggung Jawab Akademik Melalui Media Topeng Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(6), 754–763.

Putra, A. (2019). Dakwah Melalui Konseling Individu. Enlighten: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(2), 97–111.

Sudani, N. K., Suarni, N. K., & Setuti, N. M. (2013). Penerapan Konseling Eksistensial Humanistik Teknik Pemodelan Untuk Meningkatkan Perilaku Tanggung Jawab Belajar Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 1 Sukasada. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 1(1).

Sugianto, A. (2016). KONSELING PROAKTIF DENGAN STRATEGI SIMBOLIS UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB AKADEMIK SISWA DI BANTARAN SUNGAI. KONSELING PROAKTIF DENGAN STRATEGI SIMBOLIS UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB AKADEMIK SISWA DI BANTARAN SUNGAI, 1(1).

Supriyati, A. (2013). UPAYA MENINGKATKAN SELF MANAGEMENT DALAM BELAJAR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIIID DI SMPN I JAKENAN PATI.

Suwanto, I. (2016). Konseling behavioral dengan teknik self management untuk membantu kematangan karir siswa SMK. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 1(1), 1–5.

Tutiona, M. Y., Munir, A., & Ratu, B. (2016). Upaya mengurangi perilaku membolos melalui konseling individual dengan teknik behavior contract pada siswa SMP Negeri 6 Palu. Jurnal Konseling Dan Psikoedukasi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.