Keefektivan Layanan Bimbingan Kelompok Berbasis Nilai-Nilai Islami untuk Meningkatkan Pengembangan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik

Fiatul Huuriyyah, Hardi Prasetiawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) memeberikan rekomendasi layanan untuk emningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik, (2) membuktikan keefektifan penerapan bimbingan kelompok berbasis nilai-nilai islami untuk meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Pada peserta di usia remaja, sangat rentang melakukan berbagai penyimpangan. Penyimpangan tersebut mayoritas disebabkan oleh peserta didik yang mudah terpengaruh oleh lingkungan sekitar. Sehingga peserta didik membutuhkan sebuah temeng untuk membentengi diri agar tidak terjerumus kepada berbagai penyimpangan. Peserta didik yang kecerdasan spiritualnya kurang berkembang akan sangat mudah terpengaruh untuk melakukan suatu hal yang tidak sesuai dengan norma-norma yang berlaku. Dalam hal ini, guru BK membutuhkan layanan khusus untuk meningkatkan pengembangan kecerdasan spiritual peserta didik. Salah satu rekomendasi layanannya yaitu dengan menggunakan nilainilai islami dalam bimbingan kelompok. 



Full Text:

PDF

References


Arifah, A. U. N., & Nurina, S. (2018). Hubungan antara Kecerdasan Spiritual dengan Perilaku Prososial pada Remaja (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Asmaniar, A. (2017). Peran Bimbingan Konseling Islam Dalam Membentuk Remaja Yang Mandiri Di Unit Pelaksana Teknis Dinas (Uptd) Pelayanan Sosial Bina Remaja Raden Intan (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Bukhori, B. (2014). Dakwah Melalui Bimbingan dan Konseling Islam. Jurnal Konseling Religi, 5(1), 1-18.

Zohar, D., & Marshall, I. (2007). SQ-Kecerdasan spiritual. Mizan Pustaka.

Mahmudi, I. (2016). Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Bimbingan dan Konseling Islami. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(2).

Maslahah, A. A. (2013). Pentingnya kecerdasan spiritual dalam menangani perilaku menyimpang. Konseling Religi: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(1), 2134.

Rohman, A. (2016). Peran bimbingan dan konseling Islam dalam pendidikan. PROGRES.

Sultan, W. (2017). Peranan bimbingan konseling dalam membentuk kecerdasan spiritual siswa kelas VII MTs Sunan Kalijogo Karangbesuki Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Tasmara, K.H. Toto. 2001. Kecerdasan Ruhaniah (Trancendental Intelligence)

Membentuk Kepribadian yang Bertanggung Jawab Profesional, dan Berakhlak, Jakarta: Gema Insani

Tobing, M. S. (2019). Upaya Guru Bimbingan Konseling Untuk Meningkatkan Spiritual Quotient Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di Mtsn 2 Deli Serdang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Yantiek, E. (2014). Kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual dan perilaku prososial remaja. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 3(01).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.