Pemberian Layanan Karir melalui Video sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Sekolah Lanjutan Siswa Kelas IX SMP Negeri 6 Yogyakarta

Hayati Setiyaningsih

Abstract


Hasil observasi yang dilakukan di SMP Negeri 6 Yogyakarta, diketahui bahwa banyak siswa yang mengalami pemahaman rendah terhadap karir lanjutan setelah lulus SMP. Hal ini ditunjukkan dari pernyataan siswa bahwa mereka belum sepenuhnya memiliki pandangan mengenai pilihan sekolah lanjutan sesuai dengan orientasi masa depannya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan pemahaman sekolah lanjutan pada siswa kelas IX SMP Negeri 6 Yogyakarta. Layanan informasi karir ini dilakukan menggunakan media video panduan karir dengan alasan siswa SMP berada pada tahapan operasional formal yang telah memiliki kemampuan untuk berpikir secara abstrak, sudah memiliki kelogisan dalam bernalar, dan mampu menarik kesimpulan dari suatu informasi. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Pengambilan data menggunakanpre test dan post test. Subjek dalam penelitian ini adalah 34 siswa kelas IX, SMP Negeri 6 Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa terhadap sekolah lanjutan meningkat setelah melihat video panduan karir. Peningkatan pemahaman tersebut mencakup pengetahuan tentang macam- macam pendidikan lanjutan setelah SMP, hal- hal yang perlu dipersiapkan dalam pemilihan karir lanjutan setelah SMP, dan cara memilih sekolah lanjutan setelah SMP.



Full Text:

PDF

References


Arsyad, azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja grafindo.

Asmani, M., J., (2012). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: Diva Press.

Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan. Bandung:PT Remaja Rosdkarya.

Fadila Fasha.2015.Pengembangan Model E-Career untuk meningkatkan Keputusan Karir Siswa. Jurnal Psikologi pendidikan dan Konseling, 1(2):170-179.

Hasanah, Maulidah. (2013). Penerapan Layanan Informasi Menggunakan Media Video Untuk meningkatkan Pemahaman Terhadap Masa Depan Karir Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Lamongan.

Khoriah, M., Y., (2013). Meningkatkan pemahaman karir siswa dengan layanan informasi karir. Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling. 01(01): 201-216.

Nursalim. (2007). Psikologi Pendidikan. Surabaya:UNESA Perss.

Prayitno dan Erman Amti. (2008). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Edisi Revisi. Jakarta : Rineka Cipta.

Sugiyono, Barto., Susarno, H. L., Roesminingsih, Suparno. (2010). Pengantar Ilmu Pendidikan. Surabaya: CV Bintang.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supatmi, Tri. (2014). Pengembangan Bahan Informasi Bimbingan Untuk Meningkatkan Kemampuan Pengambilan Keputusan Karir. Jurnal Bimbingan dan Konseling FKIP.1(2): 1-15.

Winkel, W.S dan M.M Sri Hastuti. (2012). Bimbingan dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Edisi Revisi. Yogyakarta: Media Abadi.

Yusuf, Syamsu. (2007). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.