Adventure Based Counselling (ABC): Strategi Mereduksi Kejenuhan Belajar

Hendra Gunawan, Agus Supriyanto, Sri Hartini

Abstract


Iklim pembelajaran yang menyenangkan berpengaruh pada mood atau perasaan dalambelajar yang baik cenderung akan menghasilkan hasil belajar yang optimal. Adventure Based Counseling (ABC) sebagai strategi yang relevan digunakan untuk mereduksi kejenuhan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji ABC sebagai strategi untuk mereduksi kejenuhan belajar. Peneliti menggunakan studi literatur melalui analisis dokumen jurnal dan e-book yang terkait dan relevan dengan permasalahan yang dikaji. Data dianalisis untuk mengkaji secara mendalam ABC sebagai strategi untuk mereduksi kejenuhan belajar. Hasil penelitian menemukan fakta kejenuhan belajar terkait pandemic Covid-19. ABC adalah strategi yang relevan untuk mengentaskan kejenuhan belajar dan diaplikasikan dalam setting kelompok.



Full Text:

PDF

References


Afifah, S. (2019). Pengaruh Kejenuhan Belajar Dan Interaksi Sosial Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Dengan Sistem Pesantren Modern. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(4).

Agustina, P., Bahri, S., & Bakar, A. (2019). Analisis faktor penyebab terjadinya kejenuhan belajar pada siswa dan usaha guru BK untuk mengatasinya. JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 4(1).

Albright, R. L. (2016). The Qualitative Impact of Adventure Based Counseling on Sixth Grade General Education Students. Journal of School Counseling, 14(8), n8.

Ambarwati, N. A. (2016). Kejenuhan Belajar dan Cara Mengatasinya. Jurnal Psikologi Pendidikan Islam, Prosiding Interdisciplinary Postgraduate Student, 9–16.

Aziz, A., Setiawan, H., & Mahendra, S. (2017). Dampak Pelaksanaan Full day school Di Indonesia. Seminar Nasional Pendidikan, 248–260.

Bildhonny, A. F. (2017). Menurunkan Kejenuhan Belajar Siswa Dengan Teknik Relaksasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani. Seminar Nasional Pendidikan Olahraga, 1(1), 274–280.

Damayanti, A., Suradika, A., & Asmas, T. B. (2020). Strategi Mengurangi Kejenuhan Anak Dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) melalui Aplikasi ICANDO pada Siswa Kelas I SDN Pondok Pinang 08 Pagi. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1(1).

Faizah, F., Rahma, U., Dara, Y. P., & Gunawan, C. L. (2020). School Well-Being Siswa Sekolah Dasar dan Siswa Sekolah Menengah Pertama Pengguna Sistem Full-Day School di Indonesia. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 34–41.

Hamzah, H., Sugiharto, D. Y. P., & Tadjri, I. (2017). Efektifitas konseling kelompok dengan teknik relaksasi religius untuk mengurangi kejenuhan belajar mahasiswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1), 7–12.

HANYALA, R. R. (2015). DESKRIPSI FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 KOTA GORONTALO. Skripsi, 1(111410067).

Hasan, M. S. (2020). Implikasi Kejenuhan (Burnout) Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 2 Diwek Jombang. Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman, 10(1), 105–116.

Hidayanti, M. (2018). IMPLEMENTING FULL DAY SCHOOL IN INDONESIA:“ANALYSING IMPACTS ON STUDENTS, TEACHERS, AND SCHOOL STAKEHOLDERS.” IJAEDU-International E-Journal of Advances in Education, 4(10), 127–134.

Khaira, N. A. (2018). Penerapan Teknik Self Instruction Untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa. Pencerahan, 12(2), 172–200.

Kozlowski, K., & Day, M. (2013). Implementing adventure based counseling in schools: An integrative approach. Ideas and Research You Can Use: VISTAS Online.

Lesmana, A. R. (2015). Efektivitas Program Experiential Based Counseling Untuk Mengembangkan Kompetensi Intrapersonal dan Interpersonal. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(1), 1–12.

Mahfud, C. (2011). Pendidikan multikultural.

Mailita, M., Basyir, M. N., & Abdullah, D. (2016). Upaya Guru Bimbingan Konseling dalam Menangani Kejenuhan Belajar Siswa di SMP Negeri Banda Aceh. JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 1(2).

Megawanti, P. (2015). Meretas permasalahan pendidikan di Indonesia. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3).

Miranda, Y. (2017). PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PROBLEM SOLVING UNTUK MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS VIII BENJAMIN DI SMP NEGERI 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017 [PhD Thesis]. UNIMED.

Muna, N. R. (2016). Efektifitas teknik self regulation learning dalam mereduksi tingkat kejenuhan belajar siswa di sma insan cendekia sekarkemuning cirebon. Holistik, 14(2).

Ningsih, S., Alwie, A. F., & Fitri, K. (2017). Pengaruh Kejenuhan Kerja, Beban Kerja, dan Konflik Kerja terhadap Motivasi Kerja Perawat RSUD DR. RM. Pratomo Bagan Siapiapi Kabupaten Rokan Hilir [PhD Thesis]. Riau University.

Nugraha, A. (2018). Adventure Based Counseling dalam Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice, and Research, 2(02), 75–83.

NUR ATIKAH, A. (2020). DAMPAK PROGRAM FULL DAY SCHOOL TERHADAP KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP GLOBAL SURYA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2019/2020 [PhD Thesis]. UIN Raden Intan Lampung.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 1(1), 128–135.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352.

Pratiwi, L. A., & Mufidah, E. F. (2021). PENERAPAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ABC (ADVENTURE BASED COUNSELING) UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA. Jurnal Bimbingan dan Konseling Borneo, 3(1).

Raharjo, S. B. (2012). Evaluasi trend kualitas pendidikan di indonesia. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 16(2), 511–532.

Riswani, R. (2018). Kejenuhan di Kalangan Guru Bimbingan dan Konseling di SMAN Provinsi Riau. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 1(2), 92–104.

Rohman, M. A. (2018). Kejenuhan belajar pada siswa di sekolah dasar full day school [PhD Thesis]. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Sari, P., Kholidin, F. I., & Edmawati, M. D. (2020). TINGKAT KEJENUHAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KOTA BANDAR LAMPUNG. Journal of Guidance and Counseling Inspiration (JGCI), 1(1), 45–52.

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh minat belajar terhadap prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1).

Surya, H. (2013). Strategi jitu mencapai kesuksesan belajar. Elex Media Komputindo.

Wahyuni, E. D. (2018). Faktor-Faktor Penyebab Tingkat Kejenuhan Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Jurusan PGSD di Universitas Islam Balitar. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(2), 154–162.

Wicaksono, A. G. (2018). Fenomena Full Day School dalam Sistem Pendidikan Indonesia. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 1(1), 10–18.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.