Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis melalui Model Pembelajaran Think Talk Write di Kelas V SDN Bangunrejo 2 Yogyakarta

Intan Kusumawardhany

Abstract


Penelitian ini disusun dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada peserta didik melalui model pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada siswa kelas V SDN Bangunrejo 2 Yogyakarta Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021, yaitu pada bulan Maret. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Bangunrejo 2. Objek penelitian adalah keterampilan berpikir kritis peserta didik. Data penelitian diperoleh melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik, yaitu pada siklus I memperoleh jumlah skor 13,58 dengan rata-rata 2,72 termasuk dalam kriteria kurang baik. Kemudian pada siklus II memperoleh jumlah skor 17,17 dengan rata-rata 3,43 dan termasuk dalam kriteria baik. Pada siklus III memperoleh jumlah skor 19,43 dengan rata-rata 3,89 dan termasuk dalam kriteria baik. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada tema 8 Lingkungan Sahabat Kita di kelas 5 SD Negeri Bangunrejo 2.



Full Text:

PDF

References


E.Mulyasa. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Faiz, Fahruddin. (2012). Thinking Skill: Pengantar Menuju Berpikir Kritis.Yogyakarta: Suka Press.

Hamdayana, Jumanta. (2015). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter: Bogor: Ghalia Indonesia

Huda, Miftahul. (2015). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Prastowo, A. (2015). Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu. Jakarta: Kencana

Sapriya, (2011).Penddikan IPS. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Shoimin, Aris. (2016). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikkulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruuz Media

Siswanto Wahyudi, Ariani Dewi. (2016). Model Pembelajaran Menulis Cerita. Bandung: Reflika Aditama.

Sitohang, Kasdin dkk. (2012). Critical Thinking Membangun Pemikiran Logis. Jakarta: PT.Pustaka Sinar Harapan

Susanto, A. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana

Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inofatif.(Sidoarjo:Masmedia Buana Pusaka)

Wowo Sunaryo K. (2011). Taksonomi Berpikir. Bandung: Rosdakarya.

Yamin, Martinis dan Ansari, Bansu I. (2008). Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta : Gaung Persada Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.