Medai Videoscribe dalam Layanan Bimbingan Kelompok sebagai Alternatif Solusi untuk Mereduksi Perilaku Phubbing pada Siswa SMA

Intania Pratiwi, Dian Ari Widyastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebermanfaatan media videoscribe dalam meningkatkan pemahaman perilaku phubbing. Penelitian ini menerapkan metode kualitatif deskriptif dengan desain studi kepustakaan atau literatur. Pengumpulan data yang digunakan berupa teks jurnal buku-buku yang relevan, laporan hasil penelitian dan literatur lain yang mendukung penelitian yang berkaitan tentang perilaku phubbing ,bimbingan kelompok dan media videoscribe. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen yang ada dalam penelitian adalah peneliti ini sendiri. Analisis dilakukan dengan menghubungan kemudian dibandingkan,memaparkan dan menyimpulkan isi teks data yang yang digunakan dari berbagai sumber. Hasil dari penelitian ini adalah menunjukkan bahwa perilaku phubbing ternyata dapat direduksi dengan bimbingan kelompok menggunakan media videoscribe karena adanya perilaku phubbing disebabkan rendahnya pengetahuan seseorang untuk bijak menggunakan smartphone saat berinteraksi di lingkungannya .



Full Text:

PDF

References


Armayati, L. (2013). Pengaruh Kecanduan Gadget terhadap Kemampuan Bersosialisasi pada Remaja. Jurnal An- Nafs. Vol.8. No. 2 https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v9i2.7553

Eny Ratnasari, F. D. O. (2020). PHUBBING BEHAVIOR IN YOUNG GENERATION (Relationship Between Mobile Addiction and Social Media Against Phubbing Behavior). METAKOM: Jurnal Kajian Komunikasi, 4(1), 20.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Kurnia, S., Sitasari, N. W., & Safitri, M. (2020). Kontrol diri dan perilaku phubbing pada remaja di Jakarta. Jurnal Psikologi: Media Ilmiah Psikologi, 18(1), 58–67.

Kwon, M., Yang, S., (2013). The smartphone addiction scale: develobment and validation of a shot version for adolescent. PLOS One, Vol. 8(12), Hal. 1-7. doi:10.1371/journal.pone.008355.

Lachmann, B., Sindermann, C., Sariyska, R. Y., Luo, R., Melchers, M. C., Becker, B., Montag, C (2018). The Role of Empathy and Life Satisfaction in internet and Smartphone Use Disorder. Frontiers in Psychology, 9. doi : 10.3389/fpsyg.2018.00398

Octavianingrum, Dilla. 2016. “Pengembangan Media Audio Visual Sparkol Videoscribe Dalam Pembelajaran Mengelola Pertemuan/Rapat Di Lembaga Pendidikan Profesi (LPP) IPMI Kusuma Bangsa Surakarta Jurusan Administrasi Perkantoran”

Malouf, E. T., Schaefer,K.E., Witt, E. A., Moore, K. E., Stuewig, J., & Tangney, J. P. (2013). The brief self-control scale predicts jail inmates'recidivism, substance dependence, and post-release adjustment. Personality & Social Psychology Bulletin, 40(3), 334-347. http://dx.doi.org/10.1177/0146167213511666.

Nugraha, A (2019) Pengembangan media videoscribe tentang eksplorasi karir siswa SMP (uji coba pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Bambanglipuro). Yogyakarta, Skripsi Universitas Ahmad Dahlan

Purnamasar D.A.D(2020), Judul penelitian pengembangan media video scribe dalam layanan bimbingan klasikal sebagai upaya pencegahan nomophobia pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Yogyakarta, Skripsi Universitas Ahmad Dahlan

Prasetyo, R.A. (2017) Hubungan antara Kecanduan Gadget dengan Empati pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyyah Surakarta. Surakarta :Skripsi Universitas Muhammadiyyah Surakarta

Purnamasari Suharso, I., & Sunawan. (2018). Indonesian journal of guidance and counseling: Theory and application. 7(2), 20–26.

Rachman, A. (2021). The effect of social media addiction on student phubbing behavior. International Journal of Arts and Social Science, 4(3), 113–117.

Reid, Alan J. (2018). The Smartphone Paradox: Our Ruinous Dependecy in The Device Age. Conway, USA: Coastal Carolina University.

Widiyawati. 2014. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Daya Kembang Anak. Jakarta: Universitas Budi Luhur

Yusnia, Y., Pendidikan, D., & Bandung, K. (2019). Penggunaan Media Video Scribe Dalam Pembelajaran. Pendidikan, 10(1), 71–75.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.