Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Teknik Diskusi untuk Meningkatkan Pemahaman Kesehatan Reproduksi Siswa SMP Kelas VIII

Ismi Afifah Ramadina

Abstract


Sejak manusia lahir, manusia berhak untuk memperoleh pendidikan. Baik pendidikan secara moral, akademis, maupun lain halnya. Pendidikan dijadikan sebagai tombak dalam menciptakan manusia yang berkualitas. Dalam pendidikan, tentu diperlukan suatu motivasi agar manusia terdorong untuk bersemangat dalam belajar demi tercapainya cita-cita yang telah ditetapkan. Motivasi ada karena dibangun dan dibentuk, baik dari diri individu itu sendiri maupun oleh pihak di luar individu. Di sekolah, salah satu upaya untuk membangun motivasi yang berasal dari luar adalah dengan memberikan reward. Reward yang diberikan bermacam-macam. Pemberian reward merupakan suatu bentuk inovasi yang dilakukan oleh guru demi meningkatkan motivasi belajar anak yang mengalami penurunan dalam belajarnya.


Full Text:

PDF

References


Achmad Junita Nurihsan,. “ Bimbingan dan konseling dalam berbagai latar kehidupan“, Bandung, PT.Refika Aditama,2010. Hal 23

Aswida, W., & Syukur, Y. (2012). Efektifitas layanan bimbingan kelompok dalam mengurangi kecemasan berkomunikasi pada siswa. Konselor, 1(2).

Azhar, S. K., & Daharnis, I. S. (2013). Persepsi Siswa tentang Layanan Informasi Kesehatan Reproduksi Remaja yang Diberikan Guru BK SMAN 1 Kubung. Jurnal Ilmiah Konseling, 2(1), 146-150.

BKKBN.2007.Sumber untuk Advokasi:KB, Kesehatan Reproduksi, Gender & Pengembangan Kependudukan Jakarta

Dewa ketut sukardi, “pengantar pelaksanaan program bimbingan dan konseling disekolah”,(jakarta:renika cipta, 2008)h.22

Nikmah, N. (2016). KEEFEKTIFAN LAYANAN INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KESEHATAN REPRODUKSI SISWA KELAS 9 SMP N 1 BONANG DEMAK TAHUN AJARAN 2015/2016 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

SARI, L. A. (2018). PENGGUNAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN BAHAYA SEKS BEBAS PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 12 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2018/2019 (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Tohirin, “bimbingan dan konseling disekolah dan madrasah”,(Jakarta:Rajawali pers,2007). h.166.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.