Pengembangan Modul Digital Career Awareness bagi Siswa SMP Kelas VII

Keke Oktina Fikri

Abstract


Career awareness merupakan pengetahuan seorang individu tentang lingkup karir secara menyeluruh dan mengarah ke identitas atau peran yang ada pada dunia karir. Tujuan dari career awareness adalah agar individu dapat memperoleh keterampilan untuk mengenal dunia kerja dan memahami diri sendiri serta mampu membuat keputusan karir yang tepat. Sejalan dengan itu tujuan career awareness adalah untuk memahami diri secara komprehensif mengembangkan diri, menumbuhkan sikap positif terhadap pekerjaan dan pendidikan sehingga individu lebih optimis terhadap masa depannya. Untuk membantu siswa dalam meningkatkan kesadaran dirinya terhadap karir masa depannya diperlukan media yang inovatif agar menarik bagi siswa. Layanan bimbingan karir sangat penting bagi siswa terutama bagi Siswa Menengah Pertama (SMP). Karena kematangan karir yang baik tentu dipersiapkan mulai dari siswa menginjak usia remaja. Media yang dapat dijadikan untuk layanan bimbingan karir disekolah untuk meningkatkan kesadaran karir siswa dapat dibantu dengan media modul digital.



Full Text:

PDF

References


Curry, J., Milsom, A. (2014). Career Counseling in P-12 Schools. New York : Springer Publishing Company.

Lidyasari, A. T. (2019). Inovasi Bimbingan Karir dalam Mengembangkan Career Awareness Siswa Sekolah Dasar di Era Revolusi Industri 4.0. Konvensi Nasional Bimbingan dan Konseling XXI, 47-53.

Wahyuni, C. L., Nurdin, S., & Bustamam, N. (2018). Kematangan karir siswa SMA Negeri 1 Bandar Dua Pidie Jaya. JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 3(4).

Rahman, M. A. (2018). Pelatihan Kepedulian Karier Di Jurusan Usaha Perjalanan Wisata Smkn 1 Bandung. Jurnal Psikologi Jambi, 3(1), 7-7.

Selviana, S., Soeprijanto, Zakir, I. (2020) Hubungan Antara Kesadaran Karir (Career Awareness) Dan Disiplin Diri Dengan Prestasi Belajar Pada Mahaiswa Bidikmisi Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Jakarta. Jurnal of electrical vocational educational and technology, 5(2).

Hasby, B.A. (2017). Seni Memahami Penelitian Kualitatif dalam Bimbingan dan Konseling: Studi Literatur. Jurnal konseling Andi Matappa, 1(2), 90-100.

Rahman, F. A., & Bhakti, C. P. (2020, September). Implementasi Eksplorasi Karir Siswa di Era New Normal. In Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling. 2020. p. 36-42.

Bhakti, C. P. (2017). Program bimbingan dan konseling komprehensif untuk mengembangkan standar kompetensi siswa. Jurnal Konseling Andi Matappa, 2017, 1.2: 131-132.

Rosita, T., Irmayanti, R., & Hendriana, H. (2020). Urgensi Bimbingan Karir Di Sekolah Dasar. Abdimas Siliwangi, 2020, 3.1: 109-205.

Lestari, I. (2017). Meningkatkan kematangan karir remaja melalui bimbingan karir berbasis life skills. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 3(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.