Konseling Keluarga Struktural sebagai Upaya Mengurangi Tingkat Loneliness Remaja

Khansa Salsabila, Siti Feti Fatonah

Abstract


Tujuan dari penulisan ini adalah untuk membahas konseling keluarga dengan pendekatan struktural sebagai upaya mengurangi tingkat lonliness remaja. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi literature tentang loneliness pada remaja di era pandemic covid-19. Kondisi pandemic covid-19 membawa pemerintah membuat kebijakan-kebijakan guna merentas kasus covid 19. Salah satu kebijakannya yaitu menghimbau masyarakat untuk tetap dirumah saja. Bahkan untuk pelajar dan pekerja ada program belajar di rumah dan bekerja di rumah yang sering di sebut dengan SFH (School Form Home) dan WFH (Work Form Home). Dalam situasi pandemi covid 19 ini remaja merasa kesepian karena ruang lingkupnya terbatas hanya dirumah saja sehingga membuat remaja kesepian dari aspek kognitif, afektif, bahkan sosial dan emosi. Oleh karena itu perlu adanya solusi agar perasaan loneliness pada remaja dan anak sekolah tidak semakin memburuk.  yaitu dengan mengurangi perasaan loneliness dan mengalihkan remaja atau peserta didik ke kegiatan-kegiatan yang masih bisa dilakukan Bersama keluarga. Tentunya kondisi demikian perlu adanya Kerjasama antara konselor, orang tua dan peserta didik. Maka dari itu konseling keluarga merupakan salah satu hal yang menjadi sasaran bagi konselor dalam upaya menurunkan tingkat loneliness yang ada terutama pada remaja.

Full Text:

PDF

References


Agadullina, E. R., & Lovakov, A. (2020). Does quitting social networks change feelings of loneliness among freshmen ? An experimental study. https://doi.org/10.1108/JARHE-11-2019-0283

Goldenberg, I., Stanton, M., & Goldenberg, H. (2017). Family Therapy: An Overview.

Hambali, I. (2016). Perspektif “Family System Intervency” Untuk Proteksi Karakter Kebajikan Siswa Sma. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 12–18. https://doi.org/10.17977/um001v1i12016p012

Jaremka, L. M., Andridge, R. R., Fagundes, C. P., Alfano, C. M., Povoski, S. P., Lipari, A. M., Agnese, D. M., Arnold, M. W., Farrar, W. B., Yee, L. D., Carson, W. E., Bekaii-Saab, T., Martin, E. W., Schmidt, C. R., & Kiecolt-Glaser, J. K. (2014). Pain, depression, and fatigue: Loneliness as a longitudinal risk factor. Health Psychology, 33(9), 948–957. https://doi.org/10.1037/a0034012

Jiménez, L., Hidalgo, V., Baena, S., León, A., & Lorence, B. (2019). Effectiveness of structural–strategic family therapy in the treatment of adolescents with mental health problems and their families. International Journal of Environmental Research and Public Health, 16(7). https://doi.org/10.3390/ijerph16071255

Killgore, W. D. S., Cloonan, S. A., Taylor, E. C., Lucas, D. A., & Dailey, N. S. (2020). Loneliness during the first half-year of COVID-19 Lockdowns. Psychiatry Research, 294(September), 113551. https://doi.org/10.1016/j.psychres.2020.113551

Peltzer, K., & Pengpid, S. (2019). Loneliness correlates and associations with health variables in the general population in Indonesia. International Journal of Mental Health Systems, 1–11. https://doi.org/10.1186/s13033-019-0281-z

Perlman, D., & Peplau, L. A. (1998). Loneliness. 571–581.

Purnomo, A. W. A., Dwijayanti, M., & Sabtana, Fa. I. (2020). GAMBARAN TINGKAT KESEPIAN DAN DEPRESI MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING SELAMA PEMBELAJARAN DARING. 3(3), 199–207.

Rotenberg, K. J., Hymel, S., Psychology, E., & Education, S. (1999). Loneliness in Childhood and Adolescence. Cambridge University.

Sagan, O. (2020). The lonely legacy : loss and testimonial injustice in the narratives of people diagnosed with personality disorder. https://doi.org/10.1108/MHSI-05-2020-0031

Sagita, D. D., & Hermawan, D. (2020). Kesepian Remaja Pada Masa Pandemi COVID-19. 3(2), 122–130.

Stacey, J., & Edwards, A. (2013). Feature Resisting loneliness ’ dark pit : a narrative therapy approach. 18(1), 20–27. https://doi.org/10.1108/13595471311295978

Willis, S. (2017). Konseling Keluarga (Family Counseling) (5th ed.). Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.