Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi melalui Model Circ pada Peserta Didik Kelas IV SD

Lucky Alfian

Abstract


Menulis merupakan aspek penting dalam pembelajaran di sekolah. Pembelajaran menulis telah disadari merupakan bagian penting sebagai pengembangan pembelajaran yang lainnya. Namun, masih adanya peserta didik yang mengalami kesulitan diantaranya mengenai ejaan, penggunaan tanda baca, pemilihan kosakata, penyusunan kalimat hingga kesulitan mengembangkan ide cerita ke dalam bahasa tulis menjadi kendala terutama pada kondisi pandemi Covid-19. Model Cooperative Integrated Reading And Composition(CIRC) dapat diterapkan pada kondisi pembelajaran tatap muka maupun online (daring). Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi melalui model CIRC pada subjek penelitian peserta didik kelas IV SD N Bangunrejo 2. Variabel bebasnya adalah model CIRC dan variabel terikatnya adalah kemampuan menulis narasi. Penerapan penelitian ini adalah 2 siklus. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah observasi dan tes. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model CIRC dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi peserta didik kelas IV sekolah dasar. Hasil siklus I nilai implementasi keterlaksanaan model CIRC sebesar 85% (Baik) dengan nilai rata-rata keterampilan menulis narasi peserta didik sebesar 76 dan perolehan hasil siklus II yaitu nilai implemetasi keterlaksanaan model CIRC sebesar 93% (Baik) dengan nilai rata-rata keterampilan menulis narasi peserta didik sebesar 82. Peran guru kelas sekolah dasar dengan guru bimbingan konseling serta orang tua perlu sinergitas untuk bekerja sama dalam mengembangkan keterampilan menulis peserta didik di era digital.



Full Text:

PDF

References


Anggriani, W., & Indihadi, D. (2018). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dalam Pembelajaran Menulis Narasi di SD. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 11–22.

Agustin, T. (2020). Kita Menulis: Merdeka Menulis - Google Books. Yayasan Kita Menulis. https://www.google.co.id/books/edition/Kita_Menulis_Merdeka_Menulis/9bX2DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&printsec=frontcover

Atiqoh, L. N. (2020). Respon Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Thufuli : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 45. https://doi.org/10.33474/thufuli.v2i1.6925

Daheri, M., Juliana, J., Deriwanto, D., & Amda, A. D. (2020). Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu, 4(4), 775–783. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Dwiarno, P. A. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V SD N Sumberbening 1 Kecamatan Bringin Kabupaten Ngawi melalui Strategi Observasi Lingkungan. Widyabastra, 04(2), 158–164.

Febriyanto, B. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam Keterampilan Menulis Paragraf Narasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 5(2), 90–102. https://doi.org/10.33369/diksa.v1i2.3183

Fitriani, L., & Nurjamaludin, M. (2020). Efektivitas Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Cerita Fiksi. Journal Institut Pendidikan Baleaksara, 1(1), 31–42. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/baleaksara

Gunawan, P. (2017). Penerapan Strategi Aktivitas Menulis Terbimbing (Samt) Untuk Meningakatan Keterampilan Menulis Teks Pengumuman Siswa Kelas Vii Smp Negeri 7 Rambah Rokan Hulu. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 1(2), 223. https://doi.org/10.33578/pjr.v1i2.4592

Halijah, S., Susilo, & Mulawarman, W. G. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Deskripsi Menggunakan Model Kooperatif Round Table. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajarannya, 3(2), 115–124. http://diglosiaunmul.com/index.php/diglosia/article/view/25

Hartinah, H., & Abdullah, S. I. (2019). Pengaruh Minat Baca dan Persepsi Atas Perpustakaan Sekolah terhadap Keterampilan Menulis Narasi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(02), 127. https://doi.org/10.30998/diskursus.v1i02.5289

Inggriyani, F., & Fazriyah, N. (2017). Pengaruh Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Menulis Narasi Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 105. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2132

Kuncoro, A. (2017). Korelasi Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Berbicara Siswa dalam Bahasa Inggris. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3), 302–311. https://doi.org/10.30998/sap.v1i3.1547

Kurniadi, F., Hilaliyah, H., & Rosadi, N. (2018). Upaya Penguatan Pemahaman Menulis Deskripsi dan Narasi pada Penulisan Buku Laporan Hasil Belajar Siswa PAUD di Depok. Jurnal PKM Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(03), 231. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i03.2669

Lusiani, N. W. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Ringkasan Pada Siswa Kelas V SDN 2 Nyuhtebel. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 541–552. http://ejournal.jayapanguspress.org/index.php/cetta

Magdalena, R. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Ringkasan Teks Bacaan Melalui Pembelajaran Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition). Deiksis, 09(02), 194–203.

Marliana, R., & Indihadi, D. (2020). Teknik Brainstorming Pada MOdel Pembelajaran Menulis Teks Narasi. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 109–115. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index

Oktafiani, W., Irdamurni, & Damri. (2018). Effectivieness Of Cooperative Integrated Reading And Composition ( CIRC ) Learning Model To Increase Ability Reading Understanding of Disleksia Children. Journal of Education Scienties, 2(1), 17–22. http://lppm.ojs.unespadang.ac.id/index.php/UJES

Roni Hamdani, A., & Priatna, A. (2020). Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid- 19 Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Kabupaten Subang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i1.120

Taufik, Erwin, & Khatimah, H. (2020). Model Pembelajaran CIRC pada Mata Kuliah Apresiasi Sastra “Mantra Mbojo” untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM …, 1(2), 62–70. http://journal.ainarapress.org/index.php/ainj/article/view/15

Tristiantari, N. K. D., & Sumantri, I. M. (2016). Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading Composition Berpola Lesson Study Meningkatkan Keterampilan Membaca Dan Menulis. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 203. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8493

Widiyarto, S. (2017). Pengaruh Minat Baca dan Penguasaan Kosakata terhadap Keterampilan Menulis Teks Naratif. Pesona: Jurnal Kajian Bahasa Dan Sastra, 3(1), 74–80. https://doi.org/10.30998/diskursus.v4i1.9037

Wuladari, M. A., Arga, H. S. P., Kelana, J. B., Altaftazani, D. H., & Ruqoyyah, S. (2020). Analisis Pembelajaran “Daring” Pada Guru Sekolah Dasar Di Era Covid-19. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 7(2), 164–168.

Yusian, D. R., & Wibawa, M. B. (2020). Sukses Skripsi di Masa Pandemi “Teknik Penulisan Jurnal Ilmiah.” Pengabdian Masyarakat INOTEC UUI, 2(2), 45–47.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.