Keefektifan Layanan Konseling Kelompok Pendekatan Client Center untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar pada Siswa Kelas VII MTs Nurul Iman Sidodadi

M.Abdullah Sidiq

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas layanan konseling kelompok dengan pendekatan client centered untuk meningkatkan kemandirian belajar pada siswa kelasnVII MTs Nurul Iman Sidodadi. Jenis penelitian yang saya gunakan dalam penelitian ini metode pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data dengan menggunakan pendekatam client centered. Hasil penelitian menunjukkan hipotesis, terbukti bahwa layanan konseling kelompok pendekatan client centered dapat meningkatkan kemandirian belajar pada siswa kelasnVII MTs Nurul Iman Sidodadi. Dari peningkatan kepercayaan diri siswa antara sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok dengan pendekatan client centered. Pemberian layanan konseling kelompok menggunakan pendekatan client centered efektif dalam upaya meningkatkan kemandirian siswa. 

Full Text:

PDF

References


Angelis, De Barbara 2005. Confidence, Percaya Diri Sumber sukses dan Kemandirian. Jakarta:PT. Gramedia. Pustaka Utama.

Anita Lie.2004.101 Cara Menumbuhkan Percaya Diri Anak. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo kelompok Gramedia.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta: Rineka Cipta.

Ali, Mohammad. 2014. Psikologi Remaja. Jakarta: Bumi Aksara.

Ashriati N. Alsa, A dan Suprihatin T. 2006. “Hubungan Antara Dukungan Sosial Orang Tua dengan Kepercayaan Diri Remaja Penyandang Cacat Fisik pada SLBD YPAC Semarang”. Jurnal Psikologi Proyeksi. Vol.1, No.2.

Aswi Mastuti. 2008. 50 Kiat Percaya Diri. Jakarta. PT. Buku Kita.

Azwar, Saifuddin. 2010. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Corey, Gerald. 2005. Teori dan Praktek Dari Konseling dan Psikoterapi. Bandung: PT. Refika aditama.

Dani Tohir. 2016. “ Program Bimbingan Pribadi Sosial Untuk Meningkatkan

Kepercayaan Diri Siswa”. Jurnal Of Regional Public Administration. Vol.1, No.1.

Darmawan, D. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fitri, E. Zola, N. dan Ifdil, I. 2018. “ Profil Kepercayaan Diri Remaja Serta Faktor- Faktor yang Mempengaruhi. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia. Vol.4, No.1.

Ghufron, N. Rismawati, R. 2010. Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-ruzz Grub.

Gerald Coret. 2013. Teori dan Praktik Konseling Psikoterapi.Bandung. PT Rifka Aditama.

Goel, M. Aggarwal, P. 2012.” A Comparative Study Of Self Confidence Of Single Child and Child With Sibling”. Jurnal Internasional. Vol.2, No.3.

Hakim Thursan. 2012. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta. Puspa swara. Hakim, Thursan. 2002. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta:Puspa Swara.

Kurnanto, M.Edi. 2014. Konseling Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Komalasari, Gantina. dkk. 2016. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta.PT

Indeks. Mastuti, Indari. 2008. 50 Kiat Percaya diri. Jakarta: Hi-Fest Publishing.

Lauser, P. 2007. Tes Kepribadian. Jakarta. Bumi Asara.

Manisha Goel dan Aggarwal, P. 2012.” A Comparative Study Of Self Confidence Of Single Child and Child With Sibling”. Jurnal Internasional. Vol.2, No.3.

Narbuko, Cholid. 2009. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi

Aksara. Nazir, Moh. 2014. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Prayitno & Amti Erman. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling. Jakarta:Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.