Upaya Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis dengan Model Pembelajaran Cooperative-Meaningful Instructional Design (C-Mid) pada Peserta Didik Kelas IV B SD Muhammadiyah Condongcatur Tahun Ajaran 2020/2021

Ma’rifatun Khoiriyah

Abstract


Model pembelajaran Cooperative-Meaningful Instructional Design (C-MID), yaitu metode pembelajaran dengan cara siswa atau peserta didik belajar dan bekerja bersama kelompok serta memaksimalkan hasil belajar dan bekerja bersama kelompok sehingga dapat mencapai tujuan kooperatif yang diinginkan dengan mengutamakan kebermaknaan belajar yang berdasarkan pada sintaks: Lead-in (mengaitkan atau dengan pengalaman), Reconstruction (melakukan fasilitasi terhadap pengalaman belajar), dan Production (penciptaan suatu konsep dengan semenarik mungkin). Model pembelajaran ini diharapkan mampu digunakan dalam upaya meningkatkan kemampuan koneksi matematis peserta didik. Kemampuan koneksi matematis adalah kemampuan siswa dalam mengkaitkan atau menghubungkan ide-ide matematika agar dapat mengenali hubungan dari beberapa konsep dan menggunakan serta menilai koneksi antar topik matematika maupun dengan ilmu lain sehingga pemahaman matematikanya dapat bertahan lama. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV B di SD Muhammadiyah Condongcatur, Yogyakarta. Setelah diberlakukan model pembelajaran Cooperative-Meaningful Instructional design (CMID) ternyata kemampuan koneksi matematis siswa dapat meningkat. Hal ini dapat dilihat dari kenaikan rata-rata nilai kemampuan koneksi matematis yang diuji melalui tes uraian hasil belajar matematika. Hasil penelitian ini yaitu 44,83% siswa tuntas pada prasiklus, kemudian mengalami kenaikan menjadi 65,52% siswa tuntas pada siklus 1, dan mengalami kenaikan kembali menjadi 82,76% siswa tuntas pada siklus 2. Dengan rincian rata-rata nilai kemampuan koneksi matematis 65,90 pada prasiklus, 78,03 pada siklus 1, dan 87,72 pada siklus 2.


Full Text:

PDF

References


Abdurahman, Mulyono.2003.Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar.Jakarta: PT Asdi Mahasatya

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Angkasa

Depdikbud.2016.Permendikbud No 21 Tahun 2016.Jakarta: Depdikbud

Depdikbud.2016.Permendikbud No 22 Tahun 2016.Jakarta: Depdikbud

Depdiknas.2006.Permendikbud No 22 Tahun 2006.Jakarta: Depdikbud

Evalina & Hartini.2010.Teori Belajar dan Pembelajaran.Bogor : Ghalia Indonesia

Hudoyo, H. 1997. Pengembangan Kurikulum Matematika dan Pelaksanaanya di Depan Kelas. Surabaya: Usaha Nasional

Isjoni.2009.Pembelajaran Kooperatif: Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Kemdikbud.2018.Senang Belajar Matematika untuk SD/MI Kelas IV.Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Lie, Anita.2004.Cooperative Learning, Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas.Jakarta: Frasindo Gramedia Widiasarana Indonesia

Linto.2012.Kemampuan Koneksi Matematis dan Metode Pembelajaran Quantum Teaching dengan Peta Pikiran, Vol 1 No 1 Part 2, 83-87. https://www.e-jurnal.com/2015/03/kemampuan-koneksi-matematis-dan-metode.html

Ngalimun.2014.Strategi dan Model Pembelajaran.Yogyakarta : CV Aswijaya

Rosita.2018.Pengaruh Cooperative-Meaningful Instructional Design (C-MID) terhadap hasil Belajar Siswa di Mts N Langsa.Langsa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al-Qalasadi Vol 2 No 2

Sardiman.2011.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta : Rajawali Pers.

Slavin, E., Robert.2009. Cooperative Learning. Bandung: Penerbit Nusa Media

Sritresna, Teni.2014.Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Cooperative-Meaningful Instructional Design (C-MID), Vol 5 No 1, 38-47. https://media.neliti.com/media/publications/226614-meningkatkan-kemampuan-koneksi-matematis-8e4d3e92.pdf

Sugiman.2008.Kemampuan Matematik dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Yogyakarta: UNY http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/131930135/2008_Koneksi_Mat.pdf

Sugiyono.2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Suherman, E,dkk.2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia

Uno, Hamzah.2009. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Angkasa


Refbacks

  • There are currently no refbacks.