Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Merliana Dwi Kuntari, Hardi Prasetiawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan keefektifan dari pemberian layanan bimbingan kelompok yang dilakukan oleh guru BK di SMK Negeri 1 Wanarerja dengan teknik problem solving guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMK Negeri 1 Wanarerja. Jenis penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimental dengan desain penelitian pre-test and post-test one group design dan teknik pengambilan datanya yaitu purposive sampling. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ciamis dengan sampel sebanyak 10 orang siswa dari kelas yang sama. Hipotesis pada penelitian ini penulis mengambil kesimpulan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving dapat menjadi salah satu cara alternatif yang efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, di mana peneliti juga berpacu pada jurnal penelitian terdahulu. Peneliti juga berasumsi masih ada layanan dan teknik lain yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. 


Full Text:

PDF

References


Amalia, C. V., Binasar, S. S., & Aspin, A. (2019). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kebiasaan Belajar Siswa Smk Negeri 4 Kendari. Jurnal Ilmiah Bening (Belajar Bimbingan dan Konseling), 3(2).

Ariyanto, M., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jgk (Jurnal Guru Kita), 2(3), 106-115.

Ernawati, D., Ashadi, A., & Utami, B. (2015). Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Mia 7 Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Problem Solving Pada Materi Stoikiometri Di SMA

Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 4(4), 17-26.

Majdi, M. Z. Z., & Ekawati, D. (2020). Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis

Menggunakan Bimbingan Kelompok Teknik Problem Solving Berbantuan Mind Mapping. Ghaidan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam dan

Kemasyarakatan, 4(2), 56-63.

Ristiasari, T., Priyono, B., & Sukaesih, S. (2012). Model pembelajaran problem solving dengan mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Journal of Biology Education, 1(3).

Safitri, R. R., Atrup, A., & Hanggara, G. S. (2018). Problem Solving dalam

Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri (ejournal), 5(2), 83-88.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.