Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Motivasi Belajar Siswa

Monika Maharani

Abstract


Sejak manusia lahir, manusia berhak untuk memperoleh pendidikan. Baik pendidikan secara moral, akademis, maupun lain halnya. Pendidikan dijadikan sebagai tombak dalam menciptakan manusia yang berkualitas. Dalam pendidikan, tentu diperlukan suatu motivasi agar manusia terdorong untuk bersemangat dalam belajar demi tercapainya cita-cita yang telah ditetapkan. Motivasi ada karena dibangun dan dibentuk, baik dari diri individu itu sendiri maupun oleh pihak di luar individu. Di sekolah, salah satu upaya untuk membangun motivasi yang berasal dari luar adalah dengan memberikan reward.Reward yang diberikan bermacam-macam. Pemberian reward merupakan suatu bentuk inovasi yang dilakukan oleh guru demi meningkatkan motivasi belajar anak yang mengalami penurunan dalam belajarnya.

Full Text:

PDF

References


Aljena, S. C., Andari, K. D. W., & Kartini, K. (2020). PENGARUH REWARDTERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Dasar Borneo, 1(2), 127-137.

Anshori, M., & Iswati, S. (2019). Metodologi penelitian kuantitatif: edisi 1. Airlangga University Press.

Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172-182.

Faizah, S. N. (2017). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. At-Thullab: JurnalPendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 175-185.

Haq, A. (2018). Motivasi belajar dalam meraih prestasi. Jurnal vicratina, 3(1), 193-214.

Herlina, V. (2019). Panduan praktis mengolah data kuesioner menggunakan SPSS. Elex Media Komputindo.

https://ainamulyana.blogspot.com. Diakses pada tanggal 23 Juli 2021

Melinda, Ima dan Ratnawati Susanto.2018. Pengaruh Reward dan Punishment

Terhadap Motivasi Belajar Siswa. International Journal of Elementary Education 2 (2): 81-86 (Online). https://ejournal.undiksha.ac.id. (Diaksespada tanggal 14 Desember 2019 pukul 20.00 WIB).

Kawulur, T. K., Areros, W. A., & Pio, R. J. (2018). Pengaruh Reward and Punishment Terhadap Loyalitas Karyawan di PT. Columbia Perdana Cabang Manado. JURNAL ADMINISTRASI BISNIS (JAB), 6(002).

Maghfiroh, E. (2020). Pola Behaviour Reward Dan Punishment. Dakwatuna:Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam, 6(1), 56-74.

Masni, H. (2017). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. JurnalIlmiah Dikdaya, 5(1), 34-45.

Maula, H. (2019). Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Viii Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Mtsn 3 Tulungagung.

Moh. Zaiful Rosyid dan Aminol Rosid Abdullah, Reward & Punishment Dalam Pendidikan,Malang : Literasi Nusantara, 2018, hlm. 44-45

Monika, M., & Adman, A. (2017). Peran Efikasi Diridan Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan.Jurnal PendidikanManajemen Perkantoran,1(1), 110-117.

Octavia, S. A. (2020). Motivasi belajar dalam perkembangan remaja. Deepublish.

Parnawi, A. (2019). Psikologi belajar. Deepublish.

Rosyid, M. Z. (2018). Reward & Punishment dalam Pendidikan. Literasi Nusantara.

Sadirman AM. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta : Rajawali Press

Setyanto, A. E. (2013). Memperkenalkan kembali metode eksperimen dalam kajian komunikasi.

Setiawati, S. M. R., & Psi, S. (2018). Telaah Teoritis: Apa Itu Belajar. Helper Jurnal Bimbingan dan Konseling FKIP UNIPA, 35(1), 31.

Sholehah, K. M. A. (2021). Urgensi Pemberian Reward Dan Punishment Dalam Memotivasi Belajar Anak Usia Dini (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU).

Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Deepublish.

Sulfemi, W. B. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar IPS Di SMP Kabupaten Bogor.

Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Video pada Pembelajaran PKn di Sekolah Paket C. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 187-200.

Zein, S. Z., Yasyifa, L. Y., Ghozi, R. G., Harahap, E., Badruzzaman, F. H., & Darmawan, D. (2019). Pengolahan dan Analisis Data Kuantitatif Menggunakan Aplikasi SPSS. Teknologi Pembelajaran, 4(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.