Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran IPS Kelas V SD N 1 Bumirejo Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament)

Moya Azkatulfauzah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS dengan model pembelajaran TGT (Team Games Tournament) pada siswa kelas V SDN 1 Bumirejo.  Model yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Bumirejo yang berjumlah 21 siswa. Data yang diperolej menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Skor rata-rata keaktifan siswa saat pra tindakan sebesar 46,36 % meningkat menjadi 68,73%  pada siklus I dan 86,99% pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran TGT mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS.

Full Text:

PDF

References


A.M, Sardiman. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada

Megawati, N.Y.D. & Annisa R.S. (2012). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Dalam Meningkatkan Keaktifan Peserta didik dan Hasil Belajar Akuntansi Peserta didik Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Banjarnegara Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Guruan Akuntasi Indonesia. 10, 162-180 https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/927/738

Hasim, Muhammad, dkk. (2016). Penerapan Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Keaktifan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPA. Jurnal PGSD Universitas Guruan Ganesha. 6(3) https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/article/viewFile/19338/11435

Mudrika, dkk. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Untuk Meningkatkan Motivasi dan Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas XMIA-3 SMAN 1 Tanete Rilau (Studi pada Materi Pokok Ikatan Kimia dan Bentuk Geometri). Jurnal Chemical. 19(1). https://ojs.unm.ac.id/chemica/article/view/6647/3785

Purwati, Dwijayanti, Mosik. (2013). Implementasi Teams Games Tournaments Berbasis Percobaan Fisika terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Peserta Didik. Unnes Physics Educational Journal. 2 (1), 45-53.

Rusno. (2011). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keaktifan Mahapeserta didik Dalam Proses Pembelajaran Mahapeserta didik Program Studi Akuntansi Universitas Kanjuruhan Malang Tahun 2011. Jurnal Inspirasi Guruan Universitas Kanjuruhan Malang http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi/issue/view/77

Slavin, R.E. (2005). Cooperative Learning. Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Syam, N. & Ramlah. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Mind mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Peserta didik Kelas IV SDN 54 Kota Parepare. Jurnal Publikasi Guruan. 5, 184- 197.

Susanto, A. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Taniredja, Tukiran., dkk. Bandung. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif. :Alfabeta

Vitasari, Rizka. (2013). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning Peserta didik Kelas V SD Negeri 5 Kutosari. Universitas Negeri Sebelas Maret

Wulandari, Asih. (2015). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Keaktifan Peserta didik Dalam Pembelajaran IPA Kelas IV di SD Muhammadiyah Pendowoharjo, Bantul, Yogyakarta. Yogyakarta. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.