Konseling Individual Narative untuk Mereduksi Nomophobia pada Siswa Kelas X SMA

Muhammad Nurul Arif, Dian Ari Widyastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kebermaknaan teknik konseling individual narative yang dapat digunakan sebagai alternatif solusi untuk mereduksi nomophobia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan desain studi kepustakaan/literatur. Data yang dikumpulkan berupa data teks dari jurnal dan buku yang relevan dengan variabel yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu berkaitan dengan nomophobia dan konseling individual teknik narative. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri. Analisis data dilakukan dengan cara menghubungkan, membandingkan, menafsirkan, dan menyimpulkan isi dari berbagai teks data yang digunakan. Hasil analisis menunjukkan bahwa nomophobia dipandang dapat direduksi melalui konseling kelompok teknik narative karena nomophobia terjadi karena rendah self management seseorang dalam menggunakan handphone.


Full Text:

PDF

References


Andieni, V. D. (n.d.). PENERAPAN KONSELING NARATIF UNTUK MEREDUKSI KECEMASAN KOMUNIKASI (COMMUNICATION APPREHENSION) PADA SISWA KELAS VIII DI SMPN 40 SURABAYA. Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling PENERAPAN, 1–11.

Azizah, A. (2017). Studi kepustakaan mengenai landasan teori dan praktik konseling naratif. Jurnal BK UNESA, 7(2), 1–7.

Fay, D. L. (2020). HUBUNGAN SCHOOL-WIDE POSITIVE BEHAVIOR SUPPORT DENGAN NOMOPHOBIA PADA SISWA KELAS XI IPA 8 SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. G-COUNS: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 161–168.

Hidayatullah, A. (2020). Perbedaan Kecendrungan Perilaku Nomophobia Ditinjau Berdasarkan Jenis Kelamin Pada Mahasiswauin Ar-Raniry Banda Aceh.

Lailatussa, D. (2019). Kecenderungan Nomophobia Pada Remaja SMP Di Semarang Tengah. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang. Psikologi. Semarang.

Nurhastuti. (2019). Dampak Penggunaan Smartphone Terhadap Akhlak Remaja di Desa Latitik Kecamatan Simeulue Tengah Kabupaten Simeulue. Fakultas Tarbiah Dan Keguruan, 140.

Rachmawati, A. (2016). Penerapan Konseling Naratif Untuk Mengurangi Tingkat Glossophobia Siswa Kelas X SMAN 13 SURABAYA. BK FIP Universitas Negeri Surabaya Abstrak, 6(1), 1–9.

Rahayuningrum, D. C., & Sary, A. N. (2019). Studi Tingkat Kecemasan Remaja Terhadap No-Mobile Phone (Nomophobia). JURNAL Keperawatan, 1(2), 49–55. http://jurnal.ensiklopediaku.org

Rosmawati. (2017). PENERAPAN LAYANAN KONSELING UNTUK MENGATASI KECEMASAN SISWA. 1(4), 39–45.

Vandelis, Armaita, Ramaita, & 2019. (2019). Hubungan Ketergantungan Smartphone dengan Kecemasan (Nomophobia). (Jurnal Kesehatan). Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Piala Sakti, Pariaman, Indonesia. Vandelis Armaita Ramaita, 10, 89–93.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.