Prezi Video: Media Layanan Bimbingan dan Konseling Inovatif pada Masa Pandemi Covid-19

Novia Wahyuningtyas

Abstract


Indonesia merupakan salah satu negara yang terdampak dari COVID.19. Beberapa kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia untuk mengurangi penyebaran virus tersebut. Salah satunya adalah menjaga jarak atau physical distancing. Dalam implementasi kebijakan tersebut pembelajaran tatap muka atau face to face menjadi ditiadakan dan gurupun diatur jadwalnya menjadi work from home dan work from office. Proses layanan bimbingan dan konseling pun berubah yang semula ada pertemuan tatap muka antara konseli dan konselor menjadi secara daring atau online. Dalam kondisi seperti ini media yang paling tepat untuk pelayanan secara online yaitu kreasi dalam memberikan materi. Urgensi Penggunaan media layanan bimbingan dan konseling inovatif adalah menarik perhatian siswa atau konseli, menyampaikan pesan yang lebih informatif, meminimalisir salah paham, mudah dipahami oleh siswa, dan menjadikan siswa lebih interaktif. Salah satu kreasi media layanan bimbingan dan konselinga inovatif adalah Prezi. Prezi merupakan software online yang dapat diakses secara online atau offline, menarik, ada fitur planning dan zooming serta dapat membantu dalam hal presentasi dan design grafis karena terdapat 3 fitur seperti prezi video, prezi design, prezi present. Prezi Video merupakan salah satu media layanan bimbingan dan konseling inovatif untuk guru BK dengan siswa di di tengah pandemi. Prezi Video memiliki kelebihan-kelebihan yang menarik, salah satunya menyatukan gambar guru BK atau konselor dengan materi layanan. Metode yang digunakan adalah studi literatur yang di dapat dari berbagai buku bacaan dan jurnal ilmiah. Hasilnya menunjukan bahwa Prezi Video merupakan media layanan bimbingan dan konseling inovatif pada masa pandemi COVID.19.


Full Text:

PDF

References


Adaeva, F. M. (2018). INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGIES AS A WAY TO DEVELOP CRITICAL THINKING OF THE STUDENTS OF LANGUAGE SCHOOL. Евразийское образовательное пространство XXI века: характеристики, модели интеграции, перспективы, 59.

Al-Hammouri, S. (2019). The Effect of Using Prezi on Al Zaytoonah University Students' Performance in French Language Reading Skills. International Education Studies, 12(1), 128-135.

Aruan, L., Sari, R., & Harahap, A. B. (2020). Using Prezi Online Software to Improve Teaching Listening Skill. International Journal of Education and Literacy Studies, 8(1), 104-108.

Chou, P. N., Chang, C. C., & Lu, P. F. (2015). Prezi versus PowerPoint: The effects of varied digital presentation tools on students’ learning performance. Computers & Education, 91, 73-82.

Conboy, C., Fletcher, S., Russell, K., & Wilson, M. (2012). An evaluation of the potential use and impact of Prezi, the zooming editor software, as a tool to facilitate learning in higher education. Innovations in Practice, 7.

Diamond, S. (2010). Prezi for dummies. John Wiley & Sons.

Mardiansyah, M., Syaiful, M., & Basri, M. (2017). Pengaruh Media Presentasi Prezi Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah. PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah), 5(2).

Maulidina, S., & Bhakti, Y. B. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Online Dalam Pemahaman Dan Minat Belajar Siswa Pada Konsep Pelajaran Fisika. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(2), 248-251.

Moulton, S. T., Türkay, S., & Kosslyn, S. M. (2017). Does a presentation’s medium affect its message? PowerPoint, Prezi, and oral presentations. PloS one, 12(7), e0178774.

Perron, B., & Stearns, A. (2010). A review of a presentation technology: Prezi.

RODHI, M. Y. (2014). Pengembangan Media Pembelajara Berbasis Prezi untuk meningkatkan keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Kalor. Inovasi Pendidikan Fisika, 3(2).

Strasser, N. (2014). Using Prezi in higher education. Journal of College Teaching & Learning (TLC), 11(2), 95-98.

Suharjanto, A. (2013). Penerapan Media Pembelajaran dengan Penggunaan Software Prezi Dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Mata Diklat Komunikasi. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Sebelas Maret, 2(1), 118115.

Triyono, T., & Febriani, R. D. (2018). Pentingnya Pemanfaatan Teknologi Informasi oleh Guru Bimbingan dan Konseling. JUANG: Jurnal Wahana Konseling, 1(2), 74-83.

Untari, Y. P., Kurniawan, E. S., & Fatmaryanti, S. D. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Online Prezi dalam Pokok Bahasan Alat Optik pada Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 3 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 5(2), 45-49.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.