Media Video Animasi dalam Layanan Bimbingan Kelompok sebagai Upaya Preventif Kecanduan Game Online di SMA

Novita Rahmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji manfaat media video animasi dalam kegiatan layanan bimbingan kelompok sebagai upaya preventif kecanduan game online. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif  dengan menggunakan kajian literature/pustaka. Data yang dikumpulkan berupa data teks dari jurnal dan buku yang relavan dengan variabel yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu berkaitan dengan video animasi , bimbingan kelompok dan game online. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri. Analisis yang dilakukan dengan cara menghubungkan, membandingkan,menafsirkan, dan menyimpulkan isi dari berbagai teks yang digunakan . hasil analisis menunjukkan bahwa media video animasi dapat digunakan sebagai media dalam layanan bimbingan kelompok sebagai upaya pereventif kecanduan game online dengan fokus pengembangan perilaku dan pemberian informasi terkait game online.

Full Text:

PDF

References


Wahyuni Adiningtiyas, S (2017). Peran Guru Dalam Mengatasi Kecanduan Game Online. Kopasta: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 4 (1), 28-40

Widiyasanti M, Ayriza Y (2018). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter. 8(1).

Syahran R, (2015). Ketergantungan Online Game Dan Penanganannya.JPPK: Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling. 1(1) 84-92

Jerry Radita Ponza P, Nyoman Jampel I, Komang Sudarma I (2018). Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar.Jurnal Edutech Undiksha. 6 (1), 9-19

Agustien R, Umamah N, Sumarno S (2018). Pengembangan media pembelajaran video animasi dua dimensi situs Pekauman di Bondowoso dengan model ADDIE mata pelajaran Sejarah kelas X IPS.JURNAL EDUKASI, 5(1): 19-2320

Fisabilillah FFN, Sakti NC (2021). Pengembangan Video Animasi Sebagai Upaya Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik Materi Perpajakan di Sekolah Menengah Atas. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan.3(4), 1271 - 1282


Refbacks

  • There are currently no refbacks.