Pendekatan Terapi Realitas untuk Mengurangi Perilaku Narsistik Peserta Didik Kelas VIII SMP N 16 Yogyakarta

Nur Afifah Arista Putri

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perubahan perilaku narsistik peserta didikĀ  SMP Negeri 16 Yogyakarta dengan menggunakan konseling realitas. Berdasarkan data pra penelitian diperoleh hasil bahwa terdapat peserta didik berprestasi yang mengalami kecenderungan perilaku narsistik. Populasi yang digunakan adalah seluruh peserta didik berprestasi kelas VIII di sekolah ini. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang peserta didik kelas VIII sebagai peserta didik berprestasi dengan kategori narsistik tinggi. Alat instrumentasi penelitian ini adalah observasi dan data angket. Hasil analisis data deskriptif menunjukkan bahwa kecenderungan perilaku narsistik subjek pada saat fase baseline dan intervensi mengalami perbedaaan. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologi yang digunakan pada saat sebelum dan sesudah pemberian konseling kelompok dengan teknik terapi realita.


Full Text:

PDF

References


Fadilah, Is. Ir. I(2020). Ikonseling Iterapi Irealitas Iuntuk Imengurangi Perilaku Narsistik Peserta Ididik berprestasi Ismp Inegerii22 Ibandarlampung Itahun Pelajaran I2019/2020 I(Doctoral Idissertation, Iuin Iraden Iintan Ilampung).

Rahman, It. Ig., I& Iilyas, Ia. I(2019). Iperilaku Inarsistik Ipengguna Imedia Isosial Idi Kalangan Imahasiswa Idan Implikasi Idalam Ilayanan Ibimbingan Idan Ikonseling. Ie-Journal Ipembelajaran Iinovasi, Ijurnal Iilmiah Ipendidikan Idasar, I7(4), I1-8.

Pahlewi, Ir. Im. I(2017). Iefektifitas Ikonseling Ikelompok Idengan Teknik Iterapi Realita Untuk Imengurangi Igejala Inarcissistic Ipersonality Idisorder Ipada Isiswa Kelas Iix Ismp Ipiri Ingaglik Itahun Iajaran I2017/2018. Ig-Couns: Ijurnal Ibimbingan Dan Ikonseling, I2(1).

Yuliyani, Iy. I(2019). Ibimbingan Ikonseling Idengan Iterapi Irealitas Ipada Iremaja Awal Iyang Ikecanduan Gadget I(Studi Idi Iperumahan Ipuri Icitra Ikecamatan Walantaka) I(Doctoral Idissertation, Iuniversitas Iislam Inegeri Iserang Ibanten).

Hisyam, Im. If. I(2016). Ibimbingan Ikonseling Iislam Idengan Iterapi Irealitas Iuntuk Meningkatkan Iself Control Iseorang Ianak Idi Idesa Igumeng Ibungah Igresik (Doctoral Idissertation, Iuin Isunan Iampel Isurabaya).

Hikmawati, F. (2016). Bimbingan Dan Konseling. Rajawali Press.

Hidayah, Windy Lailatul. Terapi Realitas Untuk Meningkatkan Kontrol Diri Seorang Tahanan Anak Di Rutan Medaeng Surabaya. Diss. Uin Sunan Ampel Surabaya, 2017.

Siregar, Suri Mutia, And Wiwik Sulistyaningsih. "Efektivitas Terapi Realitas Untuk Meningkatkan Self Regulated Learning Pada Mahasiswa Underachiever." Analitika: Jurnal Magister Psikologi Uma 5.2 (2013): 70-75.

Khabibah, Nikmatul. Terapi Realitas Untuk Membantu Penyesuaian Diri Santri Madrasah Diniyah: Studi Kasus Seorang Santri Madrasah Diniyah Miftahul Ulum 1 Sumberdawesari Grati Pasuruan. Diss. Uin Sunan Ampel Surabaya, 2017.

Widiyanti, Wida, M. Solehuddin, And Aas Saomah. "Profil Perilaku Narsisme Remaja Serta Implikasinya Bagi Bimbingan Dan Konseling." Indonesian Journal Of Educational Counseling 1.1 (2017): 15-26.

Rahman, Trisna Gustia, And Asmidir Ilyas. "Perilaku Narsistik Pengguna Media Sosial Di Kalangan Mahasiswa Dan Implikasi Dalam Layanan Bimbingan Dan Konseling." E-Journal Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 7.4 (2019): 1-8.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.