Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran Tematik pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Tlogodepok

Nur Wahyuningsih, Sri Tutur Martaningsih, Agus Supriyanto

Abstract


Kemampuan berpikir kreatif memiliki peran penting bagi perkembangan bidang pendidikan. Hal ini dikarekan kemampuan berpikir kreatif dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan bernalar siswa. Siswa tidak hanya sekedar menerima informasi, akan tetapi siswa aktif berpikir dalam mengembangkan idenya untuk menyelesaikan permaslaahan yang diberikan. Kemampuan berpikir kreatif diharapkan dapat memunculkan ide yang beragam dan bervariasi. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran tematik dengan menerapan model Discovery Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus.  Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Tlogodepok yang berjumlah 23 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model discovery learning, dengan variabel terikatnya adalah kemampuan berpikir kreatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan wawancara. Sedangkan, analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas IV. Hal ini dapat diketahui dari penelitian yang menunjukkan bahwa persentase siswa pada pra siklus tercapai 34,78%, siklus I mencapai 52,17%, siklus II mencapai 73,91%, dan siklus III mencapai 86,96%. Hasil penelitian tindakan kelas ini dapat dijadikan sebagai pertimbangan bagi guru untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran tematik.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugrahaeni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa, 32(1), 69–77. https://doi.org/10.21009/PIP.321.8

Daryanto. (2014). Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi (Kurikulum 2013). Yogyakarta : Gava Media

Fitriarosah, N. (2016). Pengembangan Instrumen Berpikir Kreatif Matematis Untuk Siswa Smp. Pengembangan Instrumen Berfikir Kreatif Matematis Untuk Siswa SMP, Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016, 243–250. https://repository.unikama.ac.id/840/30/243

Indriasih, A. (2015). Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif Ular Tangga Dalam Penerapan Pembelajaran Tematik Di Kelas III Sd. Jurnal Pendidikan, 16(2), 127–137. https://doi.org/10.33830/jp.v16i2.343.2015

Kemendikbud. (2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2013/2014. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjamin Mutu Pendidikan.

Kemendikbud. (2017b). Materi Pokok SD. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar

M. Hosnan. (2016). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21; Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Idonesia

Muwardi, H., dkk. (2014). Penerapan pembelajaran tematik untuk meningkatkan aktivitas belajar kelas 1 SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(7), 1-9. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6285

Purwaningrum, J.P. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis melalui Discovery Learning Berbasis Scientific Approach. Jurnal Refleksi Edukatika. 6 (2) 145,147. https://core.ac.uk/download/pdf/304202351

Sani, R.A. (2015). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Bumi Aksara

Siswono, T. 2008. Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Surabaya: Unesa University Press.

Syah, Muhibbin. 2004. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya

Wahyudi, W., & Siswanti, M. C. (2015). Pengaruh Pendekatan Saintifik Melalui Model Discovery Learning Dengan Permainan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 SD. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(3), 23. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i3.p23-36

Wang, A. Y. (2011). Contexts of creative thinking: a comparison on creative performance of student teachers in Taiwan and the United States. Journal of International and Cross-Cultural Studies, 2(1), 1–14. https://docplayer.net/31225800


Refbacks

  • There are currently no refbacks.