Keefktivan Layanan Konseling Kelompok Teknik Selft Management untuk Mereduksi Kecanduan Game Online

Rashika Salsabila

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah kondisi dari kecanduan game online yang di alami oleh siswa dengan siswa SMP 4 sleman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peenggunaan pendekatan teknik selft management melalui layanan konseling kelompok terhadap siswa yang mengalami kecanduan game online. Dengan menggunakan layanan konseling kelompok dengan teknik selft management dapat mengetahui apa saja faktor penyebab kecanduan game online baik pengamatan secara langsung atau menggunakan wawancara dengan salah satu guru. Hasilnya siswa dapat memberikan penjelasan mengenai tingkat penggunaan bermain game online yang di luar batas setelah di berikan pendekatan dan layanan kepada siswa yang menunjukkan sikap kearah yang lebih baik terhadap pendekatan dan layanan yang telah di berikan oleh guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kecanduan game online.Penelitian dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik self management. Penlitian ini menghasilkan berbagai masalah yang ada diSmp N 4 Sleman.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. Edisi revisii VI. Cetakan ke-13. Jakarta: PT. Asdi Mahatsaya.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). (2007). Hasil Survei Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia. https://www.apjii.or.id/. Di akses 19 Juli 2021.

Dewa Ketut Sukardi, “Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan Dan Konseling Di

Sekolah, Rineka Cipta” (Rineka cipta, Jakarta, 2008),h. 68

EKA, D. R. (2020). pendekatan konseling behaviour dengan teknik self control untuk mengatasi kecanduan game online peserta didik di sma n 1 mesuji timur tahun pelajaran 2019/2020 (doctoral dissertation, uin raden intan lampung).

Handayani, T. (2017). efektivitas layanan konseling kelompok dengan teknik manajemen diri untuk mengurangikecanduan game online peserta didik kelas viii smp negeri 11 bandar lampung tahun pelajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, IAIN Raden Intan Lampung)

Komalasari, Gantina., dkk. (2011). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT Indeks.

Kurnanto, E. (2014). Konseling Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Lee, E. J. (2011). A case study of internet game addiction. Journal of Addictions Nursing, 22(4), 208-213.

Nurichsan, J. (2012). Strategi Layanan Bimbingan Dan Konseling. Bandung: Refika Aditama.

Nursalim, M., & fauziah, N. R. (2013). Penerapan Konseling Kelompok Realita Teknik Wdep Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII-H SMP Negeri 2

Mojosari. Jurnal Bk Unesa. 3 (1). 402-407. ISSN: 1335936558

Ramayulis; Mulyadi. (2016). Bimbingan & Konseling Islam di Madrasah dan Sekolah.

Republik Indonesia, (2003), Undang-Undang No.20 tahun 2003 tentang Sistem pendidikan Nasional, pasal 1, 11, 12, 34, dan 49.

Santoso, Y. R. D., & Purnomo, J. T. (2017). Hubungan kecanduan game online Dota 2 terhadap penyesuaian sosial pada remaja. Pax Humana, 4(1), 027-044.

Sisca Folastri dan Itsar Bolo Rangka. (2016). Prosedur Layanan Bimbingan dan

Konseling Kelompok. Bandung: Mujahid Press


Refbacks

  • There are currently no refbacks.