Strategi Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Kenakalan Siswa di Sekolah

Risky Bachtiar Ismiaji

Abstract


Strategi guru bimbingan dan konseling merupakan upaya-upaya yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling untuk membantu siswa mencapai tujuannya dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi. Kenakalan siswa adalah suatu perbuatan yang melanggar aturan, norma, atau hukum di lingkungan sekolah yang dilakukan oleh siswa.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif lapangan (field research) dan penelitian ini bersifat deskriptif (descriptive research).

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Nurul Qomariyah., Asdiana dan Jayatimar, Seni. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menghadapi Kenakalan Remaja pada Masa Pubertas”, Jurnal As-Salam, Vol. 3 No. 2, (Mei - Agustus 2019), 9-17.

Anwar Arifin. Strategi Komunikasi. Bandung : Armilo, 1984

Asmani, Jamal Ma’mur. Kiat Mengatasi Kenakalan Remaja di Sekolah. Yogyakarta׃ Buku Biru, 2012.

Damanik, M. D. S. 2010. Hubungan Antara Dukungan Sosial dengan Motivasi Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Medan Area. Medan

Daradjat, Zakiah. Kesehatan Mental. Jakarta: CV Haji Mas Agung, 1998.

Ghafur, Muhamad dan Rohmawan, Dhuhaa. “Strategi Pembelajaran Afektif Guru PAI dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa di SMK Brawijaya Kepung Kediri”, Inovatif, Vol. 1, No. 2 (September 2015), 92-113.

Hadisi, La. “Pendidikan Agama Islam: Solusi Mengatasi Perilaku Menyimpang Siswa SMK Negeri 1 Kendari”, Al-Izzah, Vol. 8, No. 2, (November 2013), 124-146.

Hidayat, Dede Rahmat dan Herdi. 2013. Bimbingan Konseling (Kesehatan Mental di Sekolah). Bandung :PT Remaja Rosdakarya

Ibnudin. “Konsep Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Kenakalan Siswa (Studi Kasus di MTs Al-Gozali Jatibarang Kabupaten Indramayu)”, Al-Afkar, Journal for Islamic Studies, Vol. 2, No. 2, (Juli 2019), 125-140.

Ibrahim, R & Syaodih, N. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta :Rineka Cipta.

Kartini Kartono, Kenakalan Remaja. Jakarta : Rajawali Pers, 2017.

Kinicki A, Kreitner R. (2005). Perilaku Organisasi, Edisi 5 : Jakarta : Penerbit Salemba Empat

Limon. Bimbingan dan Dasar-Dasar Pelaksanaannya. Jakarta׃ Rajawali, 2011.

M. Dahlan. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya : Arkola, 1994.

Marrus. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta : Bumi Aksa. 2003

Mulyadi. Bimbingan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta : Prenadamedia Group, 2016.

Nata, Abudin. Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2009.

Prayitno dan Erman Amti. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta : Rineka Cipta, 2004.

Sarwono, Sarlito Wirawan. Psikologi Remaja. Jakarta: Rajawali Pres, 1991.

Setiawan Hari Purnomo. Manajemen Strategi : Sebuah Konsep Pengantar. Jakarta : Fakultas Ekonomi Universitas Universitas Indonesia, 1996.

Sukardi, D. Ketut. Dasar-Dasar Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah. Surabaya : Usaha Nasional, 2009

Surakmad, Winarno. Psikologi Pemuda. Bandung: Jenmars, 1997.

Tambuwun, Chrisna Desni dan Lomboan, Richard. “Strategi Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Mengatasi Kenakalan Remaja Usia 15-17 Tahun di SMA Negeri I Amurang Timur.”

Tohirin. Bimbingan dan Konseling di Sekolah atau Madrasah. Jakarta: PT Raja Grapindo Persada, 2013.

Wijaya, Firad. “Konseling Individual dalam Mengatasi Kenakalan Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Yogyakarta”, Al Tazkiah, Vol. 6, No. 2, (Desember 2017), 95-110.

Willis, Sofyan S. Remaja dan Masalahnya. Bandung: Alfabeta, 2014.

Winkel, W. S. dan M.M Sri Hastuti. 2012. Bimbingan dan Konseling di Institut Pendidikan. Yogyakarta : Media Abadi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.