Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling tentang Mereduksi Stress Akademik di Masa Pandemi Covid-19

Rival Yumansyah Rahman

Abstract


Pembelajaran Jarak Jauh memaksa semua pihak untuk beralih dari sistem pembelajaran luring yang langsung di kelas menjadi daring (online) dengan berbagai media yang dapat diakses oleh internet. Metode penelitian yang digunakan yaitu kajian kepustakaan. Data-data yang dipergunakan dalam penyusunan karya tulis ini berasal dari berbagai literatur kepustakaan yang berkaitan dengan permasalahan yang dikaji. Stres akademik merupakan stres yang dialami oleh individu dan terjadi di lingkungan sekolah atau pendidikan. Gadzella (2005) menggambarkan stress akademik sebagai persepsi seseorang terhadap stressor akademik dan bagaimana reaksi mereka terhadap stressor tersebut yang terdiri dari reaksi fisik, emosi, perilaku dan kognitif. Dampak stress akademik yang dilihat dari academic stressor seperti banyaknya tugas selama pembelajaran daring menjadikan mereka harus ekstra memahami materi yang disampaikan oleh guru. 


Full Text:

PDF

References


AZAHRA, J. S. (2017). Hubungan Antara Stres Akademik Dengan Coping Stress Pada Mahasiswa Yang Sedang. Skripsi.

Bhakti, C. P. (2015). Bimbingan dan Konseling Komprehensif: Dari Paradigma Menuju Aksi. Jurnal Fokus Konseling, 1(2), 93–106.

Bhakti, C. P., Safitri, N. E., & Dewi, A. C. (2018). Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling Untuk Mengurangi Perundungan Siber di Kalangan Remaja. Jurnal Psikoedukasi Dan Konseling, 2(2), 1–7.

Caso, D., Capasso, M., Fabbricatore, R., & Conner, M. (2020). Unhealthy eating and academic stress: The moderating effect of eating style and BMI. Health Psychology Open, 7(2). https://doi.org/10.1177/2055102920975274

Indriani, T. (2021). Gambaran Stres Akademik Saat Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj) Pada Siswa Di

Smk Negeri 1 Godean Tahun Pelajaran 2020/2021. Ristekdik : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 1. https://doi.org/10.31604/ristekdik.2021.v6i1.1-6

Lutfiyani, V., Bhakti, P., & Dahlan, U. A. (2017). Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling Komprehensif dalam Pengembangan Self-Knowledge pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal

Sendika : Seminar Nasional Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan, I(20), 370–377.

Mulya, H., & Indrawati, E. (2016). Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Pertama Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang. Empati, 5(2), 296–302.

Oktavia, W.K, Rahmah Fitroh, Hastin Wulandari, F. F. (2019). Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Stres Akademik. Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains), 142–149. http://seminar.uad.ac.id/index.php/snmpuad/article/view/3416/741

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemafaatan Teknologi Informasi Dalam Pemeblajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), 4(2), 30–36.

Putri, R. T., Lahmuddin, & Darmayanti, N. (2020). Tabularasa : Jurnal Ilmiah Magister Psikologi Hubungan Coping Stres dan Dukungan Sosial dengan Subjective Well Being Siswa Kelas XI di Sekolah SMA Singosari Deli Tua The Relationship between Coping Stress and Social Support with Subjective Well Being Stud. 2(2), 119–126.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.