Keefektifan Teknik Penerimaan untuk Mereduksi Krisis Identitas Siswa Kelas XI di SMAN 11 Yogyakarta

Rizka Tri Loama

Abstract


Identitas diri hampir kebanyakan terbentuk dari beberapa factor. Remaja dapat berusaha dalam proses pembentukan identitas diri dengan berbagai cara untuk menjadikan diri yang lebih positif. Banyak juga terjadi kegagalan dalam usaha mencapai perkembangan remaja karena adanya factor-faktornya. Penelitian kualitatif yang akan digunakan dalam membantu peserta didik dalam mereduksi krisis identitas dengan menggunakan Teknik penerimaan yaitu menggunakan kaian atau studi literature. Literature yang digunakan dalam proses penelitian ini menggunakan buku dan sumber-sumber berupa jurnal nasional dan internasional yang ada kaitannya dengan mereduksi krisis identitas dengan Teknik penerimaan (self acceptance). 


Full Text:

PDF

References


Padillah, R. (2020). Implementasi Konseling Realitas dalam Mengangani Krisis Identitas pada Remaja. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(3), 120-125.

Situngkir, L. D. M. (2014). PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN INFORMASI BIDANG SOSIAL TERHADAP PENANGANAN KRISIS IDENTITAS PADA SISWA KELAS XII SMA RK SERDANG MURNI LUBUK PAKAM TA 2014/2015 (Doctoral dissertation, UNIMED).

Hidayah, N., & Huriati, H. (2017). Krisis identitas diri pada remaja “identity crisis of adolescences”. Sulesana: Jurnal Wawasan Keislaman, 10(1), 49-62.

Padillah, R. (2020). Implementasi Konseling Realitas dalam Mengangani Krisis Identitas pada Remaja. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(3), 120-125.

Itasari, R. A. (2017). Strategi pembentukan identitas diri remaja di Panti Asuhan Putri Aisyiyah Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Purwanti, F. (2013). Identitas diri remaja pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pemalang ditinjau dari jenis kelamin (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Heriyadi, A. (2013). Meningkatkan penerimaan diri (self acceptance) siswa kelas VIII melalui konseling realita di SMP Negeri 1 Bantarbolang Kabupaten Pemalang tahun ajaran 2012/2013 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Wiyanti, R. (2019). STATUS IDENTITAS DIRI REMAJA (STUDI DESKRIPTIF PADA MASYARAKAT MARJINAL DI KOTA SEMARANG) (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Rijali, A. (2019). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95.

Ni'matuzahroh, S., & Prasetyaningrum, S. (2018). Observasi: Teori dan Aplikasi Dalam Psikologi (Vol. 1). UMMPress. Pupu, S. R. (2009). Penelitian Kualitatif. Jurnal Eqiulibrum, 5(9).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.