Modul: Alternatif Media Pengembangan Empoyability Skills untuk Siswa SMK

Sunarti Sunarti, Caraka Putra Bhakti

Abstract


Penelitian ini ditujukan untuk mengkaji modul sebagai media pengembangan employability skills untuk siswa SMK. Pengembangan modul employablity skills berguna untuk memenuhi kebutuhan employability skills siswa SMK dalam rangka menciptakan lulusan yang berkualitas dan siap bekerja. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian studi literatur. Peneliti melakukan analisis berbagai mengenai employability skills dari berbagai sumber. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengembangan konten materi modul employability skills untuk siswa SMK sesuai dengan studi literatur yang dilakukan oleh peneliti. Adapun hasil dari penelitian ini adalah produk pengembangan modul employability skills. 


Full Text:

PDF

References


Andina, E. (2020). Eksplorasi Sikap Pembaca terhadap Wacana Kebijakan Program Pendidikan Kejuruan Empat Tahun. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 11(2). http://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/index

Badan Pusat Statistik. (2020a) Potret Pendidikan Indonesia: Statistik Pendidikan 2020. Jakarta: Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik. (2021). Berita Resmi Statistik: Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Februari 2021. Diakses dari: bps.go.id/pressrelease/2021/05/05/1815/februari-2021—tingkat pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-6-26-persen.html (17 Agustus 2021)

Bappenas. (2020). Laporan Perkembangan Ekonomi Indonesia dan Dunia Triwulan III Tahun 2020. Edisi 4. Diakses dari: bappenas.go.id/files/5516/0819/5837/Laporan_Perkembangan_Ekonomi_Indonesia_dan_Dunia_Triwulan_III_2020.pdf (17 Agustus 2021)

Bhakti, C. P., dkk. (2016). Pemanfaatan Metode Experimental Learning dalam Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Critical Thinking Skills. Prosiding Seminar Nasional BK UNESA, 78-85.

Depdiknas. (2008). Teknik Penyusunan Modul. Jakarta: Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah

Dixit, S. (2021). Employability Skills. Gomti Nagar: BFC Publications

Dowe, A. D., & Zegwaard, A. E. (2017). Developing Graduate Employability Skills and Attributes: Curriculum Enhancement Through Work-Integrated Learning. Asia-Pacific Journal of Cooperative Education, Special Issue, 18(2), 87-99

Eliyani, dkk. (2016). Determinasi Kesiapan Kerja Siswa SMK Kelas XII Kompetensi Keahlian Akuntansi di Kota Semarang. Journal of Economic Education, 5(1)

Farihati, I., dkk. (2019). Kedisiplinan, kemandirian dan kesiapan kerja (employability): Literature review. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 384-390

Fugate, dkk. (2004). Employability: A Psycho-Social Construct, Its Dimensions, and Applications. Journal of Vocational Behavior, 65, 14–38. Doi:10.1016/j.jvb.2003.10.005

Hillage, J. & Pollard, E. (1998). Employability: Developing a Framework for Policy Analysis. Department for Education and Employment, (85)

International Labour Organization [ILO]. (2020). COVID-19 dan Dunia Kerja: Dampak dan Tanggapan. Diakses dari: www.ilo.org (17 agustus 2021)

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. (2019). Modul Panduan Menyusun Modul Pelatihan. Diakses dari: https://bpsdm.pu.go.id/center/pelatihan/uploads/edok/2019/12/f65ab_Panduan_Menyusun_Modul_Pelatihan.pdf (20 Agustus 2021)

Lamb, S., dkk. (2015). ISCY Technical Paper: Measuring 21st Century Skills in ISCY. Melbourne: International Study of City Youth

Lestari, A. S. (2014). Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Modul pada Matakuliah Media Pembelajaran di Jurusan Tarbiyah Stain Sultan Qaimuddin Kendari. Jurnal Al-Ta’dib, 7(2)

McKinsey Global Institute. (2021). The Postpandemic Economy: The future of work after COVID‑19. McKinsey Global Institute. Diakses dari: www.mckinsey.com/mgi (17 Agustus 2021)

Overtoom, C. (2000). Employability Skills: An update. ERIC Clearinghouse

Ramdhani, A., dkk. (2014). Writing a Literature Review Research Paper: A Step-by-Step Approach. International Journal of Basic and Applied Science, 3(1), 47-56

Robinson, J. P. (2000). What are Employability Skills. The workplace, 1(3), 1-3

Sarfraz, I., dkk. (2018). An Exploration of Global Employability Skills: A Systematic Research Review. Int. J. Work Organisation and Emotion, 9(1), 63-88

Setyaningsih, D., dkk. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Employability. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 427-432

Snyder, H. 2019. ‘Literature Review as a Research Methodology: An Overview and Guidelines’. Journal of Business Research, 104, pp. 333–339, https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039

Susilana, R. & Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima

Tentama, F., & Anindita, W. D. (2020). Employability Scale: Construct Validity And Reliability. International Journal of Scientific & Technology Research, 9(4), 3166-3170.

World Bank. (2020a). Global Economic Prospects, June 2020. Washington, DC: World Bank


Refbacks

  • There are currently no refbacks.