Pengembangan Media Komik Digital untuk Menumbuhkan Self - Compassion pada Siswa Kelas IX SMP Gunungjati 1 Purwokerto

Titis Wahyuningrum, Caraka Putra Bhakti

Abstract


Lingkungan social memberikan pengaruh yang yang sangat bersar bagi perkembangan individu terutama remaja. Remaja yang memiliki kemampuan sosiasli yang rendah akan menarik diri dari lingkungannya. Self-compassion dapat membantu remaja dalam menurunkan berbagai masalah yang dialami remaja. Untuk mencapai Untuk self-compassion diperlukan peran Guru BK yang inovatif dan kreatif, salah satunya menggunakan media komik digital.Penelitian ini membahas mengenai self-compassion memakai media komik digital untuk siswa kelas IX Sekolah Menengah Pertama Gunungjati Purwokerto. Metode pengembangan Research and Development (R&D) model 4D dipergunakan dalam penelitian ini. 


Full Text:

PDF

References


Caraka, P. B. & N. (2015). Implementasi Permendikbud Ri Nomor 111 Tahun 2014 Dalam Pengembangan Layanan Bk Di Sekolah Menengah.

Bhakti, C. P. (2015). Bimbingan Dan Konseling Komprehensif : Dari Paradigma Menuju Aksi. 1(2), 14.

Germer, C. K., & Neff, K. D. (2013). Self-Compassion in Clinical Practice: Self-Compassion. Journal of Clinical Psychology, 69(8), 856–867. https://doi.org/10.1002/jclp.22021

Hidayati, D. S. (2015). Self Compassion Dan Loneliness. 03, 11.

Luawo, M. I. R., & Nugroho, I. T. (2018). Media Komik untuk Mengembangkan Pemahaman Kemandirian Emosional Siswa Kelas XI SMA Negeri 111 Jakarta. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 7(2), 121–132. https://doi.org/10.21009/INSIGHT.072.01

Wahyuni, E., & Arsita, T. (2019). Gambaran Self-Compassion Siswa Di Sma Negeri Se-Jakarta Pusat. 11.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.