Pengembangan Media Komik Digital untuk Menumbuhkan Self - Compassion pada Siswa Kelas IX SMP Gunungjati 1 Purwokerto
Abstract
Lingkungan social memberikan pengaruh yang yang sangat bersar bagi perkembangan individu terutama remaja. Remaja yang memiliki kemampuan sosiasli yang rendah akan menarik diri dari lingkungannya. Self-compassion dapat membantu remaja dalam menurunkan berbagai masalah yang dialami remaja. Untuk mencapai Untuk self-compassion diperlukan peran Guru BK yang inovatif dan kreatif, salah satunya menggunakan media komik digital.Penelitian ini membahas mengenai self-compassion memakai media komik digital untuk siswa kelas IX Sekolah Menengah Pertama Gunungjati Purwokerto. Metode pengembangan Research and Development (R&D) model 4D dipergunakan dalam penelitian ini.
Full Text:
PDFReferences
Caraka, P. B. & N. (2015). Implementasi Permendikbud Ri Nomor 111 Tahun 2014 Dalam Pengembangan Layanan Bk Di Sekolah Menengah.
Bhakti, C. P. (2015). Bimbingan Dan Konseling Komprehensif : Dari Paradigma Menuju Aksi. 1(2), 14.
Germer, C. K., & Neff, K. D. (2013). Self-Compassion in Clinical Practice: Self-Compassion. Journal of Clinical Psychology, 69(8), 856–867. https://doi.org/10.1002/jclp.22021
Hidayati, D. S. (2015). Self Compassion Dan Loneliness. 03, 11.
Luawo, M. I. R., & Nugroho, I. T. (2018). Media Komik untuk Mengembangkan Pemahaman Kemandirian Emosional Siswa Kelas XI SMA Negeri 111 Jakarta. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 7(2), 121–132. https://doi.org/10.21009/INSIGHT.072.01
Wahyuni, E., & Arsita, T. (2019). Gambaran Self-Compassion Siswa Di Sma Negeri Se-Jakarta Pusat. 11.
Refbacks
- There are currently no refbacks.