Upaya Meningkatkan Kerjasama Tim Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Permainan Berbasis Kearifan Lokal

Uswatun Hasanah, Hardi Prasetiawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama tim dengan teknik permainan berbasis kearifan lokal di SMA N 1 SEDAYU, menghasilkan bimbingan kelompok dengan teknik permainan berbasis kearifan lokal dan penulis memilih untuk menggunakan game bakiak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, penelitian ini akan menggunakan penelitian tindakan, penellitian tindakan mengandung dua unsur yaitu penelitian dan tindakan. Populasi dan sampel penelitian ini adalah purposive sampling dari populasi anggota osis SMA N 1 SEDAYU kelas X, semua anggota osis kelas X akan diberikan skala kerjasama terlebih dahulu untuk melakukan penyaringan. Berdasarkan analisis teori, dan kerangka berpikir dapat ditarik hipotesis, bahwa teknik game bakiak dapat meningkatkan kerja sama antar anggota osis di SMA N 1 SEDAYU.


Full Text:

PDF

References


Hidayanti, M. (2013). Peningkatan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan bakiak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(1), 195-200.

Lakoy, A. C. (2015). Pengaruh komunikasi, kerjasama kelompok, dan kreativitas terhadap kinerja karyawan pada Hotel Aryaduta Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(3).

Lestari, W., & Andira, C. A. (2021). Implementasi Sikap Kerjasama Pada Permainan Bakiak. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(1).

Lubis, R., & Khadijah, K. (2018). Permainan Tradisional Sebagai Pengembangan Kecerdasan Emosi Anak. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 177-186.

Mulyani, R., Djumhana, N., & Syaripudin, T. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 38-45.

Muhtadini, R. L. (2018). Expressive Writing untuk Menurunkan Stres Akademik pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Full Day School (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Rosita, I., & Leonard, L. (2015). Meningkatkan kerja sama siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1).

Setiawan, F. T., Jayanti, S., & Mulyono, M. (2019, February). Peningkatan Hasil Belajar dan Kerjasama Peserta Didik Melalui Metode Team Game Tournament Berbantuan Domino Aljabar Pada Materi Operasi Aljabar Kelas 7D SMP Negeri 5 Semarang. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 444-451).

Suryani, L. (2017). Upaya Meningkatkan Sopan Santun Berbicara Dengan Teman Sebaya Melalui Bimbingan Kelompok. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 1(1), 112-124.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.