Problematika Reformasi Pendidikan Indonesia Memasuki Era Society 5.0
Abstract
Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi membawa pengaruh besar terhadap perubahan dunia. Era revolusi industri 4.0 yang disebut dengan era disrupsi belum juga tuntas, kini kemajuan teknologi sudah merambah ke era Society 5.0, persiapan dan kesiapan Indonesia dalam menghadapi reformasi pendidikan tentu harus turut berubah menyesuaikan perkembangan teknologi yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang problematika reformasi pendidikan indonesia memasuki era society 5.0. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan kajian literatur. Hasil penelitian yang didapatkan diantaranya adalah (1) belum meratanya pembangunan diseluruh wilayah Indonesia; (2) masih banyak daerah-daerah di perkotaan dan perdesaan yang belum bisa mengakses jaringan internet; (3) masih rendahnya kemampuan digitalisasi sumber daya manusia dalam menghadapi era yang serba digital.
Full Text:
PDFReferences
Faruqi, Umar Al. “Future Service in Industry 5.0. (2019).” Jurnal Sistem Cerdas 2, no. 1. https://apic.id/jurnal/index.php/jsc/article/view/21
Indonesia, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet. (2020). “Laporan Survei Internet APJII 2019 – 2020 (Q2).” Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. https://apjii.or.id/survei
Indonesia, CNN. (2020). “Kominfo Ungkap Masalah Internet Di Indonesia.” CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20201215131630-213-582359/kominfo-ungkap-masalah-internet-di-indonesia.
Nastiti, Faulinda Ely, and Aghni Rizqi Ni’mal ’Abdu. “Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Society 5.0.” Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 5, no. 1 (2020): 61–66.
http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/download/9138/pdf
Putra, Pristian Hadi. (2019). “Tantangan Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Society 5.0.” Jurnal Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 19, no. 02.
Putranto, Edwin Dwi. (2018). “Kemendikbud: Hanya 40 Persen Guru Siap Dengan Teknologi.” Republika.Co.Id. m.republika.co.id.
https://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/islamika/article/view/458
Rahayu, Komang Novita Sri. (2021). “Sinergi Pendidikan Menyongsong Masa Depan Indonesia Di Era Society 5.0.” Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar 2, no. 1.
http://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/edukasi/article/view/1395
Rezky, Monovatra Predy, Joko Sutarto, Titi Prihatin, Arif Yulianto, and Irajuana Haidar. (2019). “Generasi Milenial Yang Siap Menghadapi Era Revolusi Digital (Society 5.0 Dan Revolusi Industri 4.0) Di Bidang Pendidikan Melalui Pengembangan Sumber Daya Manusia.” Seminar Nasional Pascasarjana 2019.
https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/424
Rosyadi, Faiq Ilham, and dkk. (2020). Pola Pendidikan Di Era Disrupsi. Yogyakarta: Penerbit Timur Barat.
Ruang Laut, Direktorat Jenderal Pengelolaan. (2020). “Konservasi Perairan Sebagai Upaya Menjaga Potensi Kelautan Dan Perikanan Indonesia.” Kementerian Kelautan Dan Perikanan RI. https://kkp.go.id.
Statistik, Badan Pusat. (2020). Persentase Penduduk Buta Huruf (Persen), 2018-2020. Badan Pusat Statistik, https://www.bps.go.id/indicator/28/102/1/persentase-penduduk-buta-huruf.html.
Sutarsih, Tri, Vera Citra Wulandari, Rima Untari, Nia Anggraini Rozama, and Adam Luthfi Kusumatrisna. (2019). Statistik Telekomunikasi Indonesia 2019, 35. Jakarta: Badan Pusat Statistik
Syafii, Ahmad. (2018). “Perluasan Dan Pemerataan Akses Kependidikan Daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal).” Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam 4, no. 2.
http://journal.unipdu.ac.id:8080/index.php/dirasat/article/view/1535
Soares, Armando, Ratih Nurpratiwi, and M. Makmur. (2015). “Peranan Pemerintah Daerah Dalam Perencanaan Pembangunan Daerah.” JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik 4, no. 2. https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fisip/article/view/102
Refbacks
- There are currently no refbacks.