Pengembangan Instrumen Skala Konsep Diri Akademik Peserta Didik SMP Kota Kediri Pasca Pandemi Covid-19

Yuanita Dwi Krisphianti, Risaniatin Ningsih

Abstract


Konsep diri akademik merupakan cara pandang peserta didik untuk menilai kemampuan akademik yang dimiliki secara positif atau negative. Cara pandang akademik berpengaruh pada prestasi akademik peserta didik. Adanya konsep diri akademik yang tinggi akan meningkatkan prestasi akademik, begitupula dengan sebaliknya. Pandemi Covid 19, nampaknya membawa pengaruh terhadap konsep diri akademik peserta didik. Hal ini dilihat dari pelaksanaan metode pembelajaran yang dilakukan pada masa pandemi, yakni metode daring. Metode daring atau pelaksanaan pembelajaran secara online disinyalir membawa pengaruh pada rendahnya konsep diri akademik peserta didik, yang ditunjukkan dengan a) tumbuh rasa malas dan tidak disiplin untuk mengerjakan tugas-tugas dari guru, b) tumbuh rasa lebih baik menghabiskan waktu dengan melakukan aktivitas game online di warung daripada harus mengerjakan tugas-tugas yang diberikan, c) ragu-ragu ketika mengerjakan tugas, dan d) memilih meng-copy paste pekerjaan teman-temannya daripada mengerjakan sendiri.  Akan tetapi, hal ini belum bisa dipastikan, oleh karena itu dibutuhkan suatu instrument yakni skala konsep diri akademik peserta didik SMP pasca pandemic covid 19. Instrument skala konsep diri akademik peserta didik SMP ini digunakan untuk mengukur tingkat konsep diri akademik mereka, dengan harapan, data yang didapat akan bisa digunakan guru BK sebagai dasar untuk menentukan layanan yang sesuai kepada peserta didik. Tentunya layanan yang diberikan akan membantu peserta didik, memiliki konsep diri akademik yang tinggi. Tidak saja prestasi akademik yang naik tetapi juga tanggung jawab sebagai pelajar SMP meskipun dalam suasana pandemic covid 19. Tujuan penelitian yang dirumuskan yakni untuk mendapatkan  instrumen skala konsep diri peserta didik SMP. Teknik penelitian menggunakan development research. Namun, penulisan artikel ini terbatas pada rasionalisasi tentang bagaimana menghasilkan instrument skala konsep diri akademik peserta didik SMP.


Full Text:

PDF

References


Baran, Medine and A. Kadir Maskan. 2011. A Study of Relationship Between Academic Self Concepts, Some Selected Variables.International Journal of Education, ISSN 1948-5476, Vol. 3, No. 1: E2

Bong, Mimiand Skaalvik, Einar M. 2003. Academic Self-Concept and Self Efficacy: How Different are They Really?Educational Psychology Review, Vol. 15, No.1, March 2003

Chen, Ssu Kuang, et,al. 2013. The Relationship Between Academic Self Concept and Achievement: A Multicohort-Multioccasion Study.Learning and Individual Defferences 23 (2013) 172-178

Cookley, Kevin. 2000. An Investigation of Academic Self-Concept and Its Relationship to Academic Achievement in African American College Students.Journal of Black Psychology. Vol. 26, No. 2, May 2000, 148-164.

Gregory, R.J.2014. Psychological Testing: History, principle, and Application (7thed). Boston: Pearson

Fin, Low Suet and Ishak, Zahari. 2014. Non-Academic Self Concept And Academic Achievement: The Indirect Effect Mediated By Academic Self Concept.Research Journal in Organizational Psychology & Educational Studies3(3) 184-188 (2014) (ISSN: 2276-8475)

Marsh, Herbert W. 1990. The Structure of Academic Self-Concept: The Marsh/Shavelson Model. Journal of Educational Psychology. 1990. Vol. 82. No. 4. 623-636

Marsh, Herbert W. 2003. A Reciprocal Effects Model of the Causal Ordering of Academic Self-Concept and Achievement. Paper presented at NZARE AARE, Auckland, New Zealand November 2003

Pehlivan, Hulya dan Koseoglu, Pinar. 2012. An Analysis of Ankara Science High School Students’ Attitudes Towards Biology and Their Academic Self Concepts in Terms of Some Family Characteristics.Procedia-Social and Behavioral Science 46, 944-949

Pehlivan, Hulya dan Koseoglu, Pinar. 2012. An Analysis of Ankara Science High School Students’ Attitudes Towards Biology and Their Academic Self Concepts in Terms of Some Family Characteristics.Procedia-Social and Behavioral Science 46, 944-949

Trautwein, Ulrich and Oliver Lṻdtke. 2006. Self-Esteem, Academic Self-Concept, and Achievement: How the LearningEnvironment Moderates the Dynamics of Self-Concept.Journal of Personality and Social Psychology. Vol. 90, No. 2, 334–349


Refbacks

  • There are currently no refbacks.