Upaya Meningkatkan Interaksi Sosial melalui Layanan Konseling Kelompok Pendekatan Humanistik pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Depok Tahun Ajaran 2020/2021

Yulia Andini, Hardi Prasetiawan

Abstract


Dalam dunia pendidikan, interaksi dalam pembelajaran sangat diperlukan, Interaksi sosial akan membantu siswa menambah pengetahuannya, mengembangkan keterampilan sosial siswa dengan individu lainnya, serta dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Namun realitanya saat ini banyak siswa yang bertindak tidak peduli, acuh tak acuh terhadap lingkungan bahkan terhadap pendidikannya sendiri. Hal ini akan berdampak buruk bagi kehidupan sosial siswa serta menghambat proses pembelajarannya. Untuk mengurangi perilaku tersebut dapat menggunakan salah satu layanan konseling kelompok dengan pendekatan humanistic. Dengan melalui layanan konseling kelompok pendekatan humanistik yang berfokus pada manusia sehingga dapat membantu siswa dalam mencari kebermaknaan hidup, menurunkan perilaku apatis siswa serta meningkat eksistensi siswa sebagai makhluk sosial. Tulisan ini mencoba untuk mengantarkan gagasan bagaimana pendekatan humanistic yang dapat membantu siswa dalam kemampuan interaksi sosial yang rendah.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Komalasari, Gantina Dkk. (2011). Teori Dan Teknik Konseling. Jakarta Barat: Indeks Penerbit

Larasati, A. S., Ab, J. S., & Hisbullah, A. (2019). Upaya Guru Bk Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Melalui Konseling Kelompok Siswa Kelas X Tki 1 Smk Negeri 5 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Konseling (Jimbk), 1(2), 1-16.

Mandala, A. S. J., Dantes, N., & Setuti, N. M. (2013). Modeling Untuk Meningkatkan Emotional Intelligence Siswa Pada Kelas Xap1 SMK Negeri 1 Seririt Kabupaten. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1–20.

Muslih. (2018). Pembelajaran Ayat-Ayat Kawniyah Di Sma Trensains 2 Pesantren Tebuireng Jombang. Islamica: Jurnal Studi Keislaman, 12(2), 1–26.

Nurihsan, A. Juntika. (2007). Bimbingan Dan Konseling Dalam Berbagai Latar Belakang. Bandung: Refika Aditama

Pratiwi, N. I., Yusmansyah, Y., & Mayasari, S. (2015). Peningkatan Interaksi Sosial Dengan

Menggunakan Layanan Konseling Kelompok. Alibkin (Jurnal Bimbingan Konseling), 4(1).

Sugiyono. (2013). Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, Dan Disertasi. Bandung: Alfa Beta

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis (Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: Alfa Beta

Sekaran, Uma. (1992). “Research Methods for Business”. Third Edition. Southern Illionis University.

Taharani, A. F. (2018). Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Eksistensial-Humanistik Berbasis Nilai Budaya Gayo “Alang Tulung” Untuk Mengurangi Sikap Apatis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 146–154.

Zuhara, E. (2020). Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1), 41-57.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.