Analisis Konseptual: Peran Konseling Kedamaian Strategi untuk Mereduksi Kecanduan Media Sosial Aplikasi Tik Tok

Novi Cithia Damayanti, Agus Supriyanto, Sri Hartini

Abstract


Media sosial sebagai media online dengan perangkat smartphone untuk mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wikipedia, forum dan dunia virtual. Aplikasi Tik Tok sebagai salah satu aplikasi media sosial yang memberikan efek spesial yang unik dan menarik untuk membuat video pendek yang keren dan menarik perhatian banyak orang yang melihatnya. Fenomena kecanduan media sosial aplikasi Tik Tok pada siswa yang menyukai gerakan pada aplikasi Tik Tok dibandingkan dengan tugas sekolah. Aplikasi Tik Tok digunakan siswa untuk menyampaikan perasaan negatif kemudian disebarluaskan melalui media sosial. Konseling kedamaian sebagai strategi untuk mereduksi kecanduan media sosial aplikasi Tik Tok. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan grounded theory konseling kedamaian untuk mereduksi kecanduan aplikasi Tik Tok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur untuk menghasilkan grounded theory. Teori yang dikembangkan secara induktif selama penelitian dengan kasuk kecanduan aplikasi Tik Tok adalah konseling kedamaian yang dapat diaplikasikan dalam layanan konseling kelompok melalui kajian literatur berupa artikel dari jurnal, buku, dan dokumen lain yang mendeskripsikan teori. Hasil penelitian mengungkap bahwa layanan konseling kedamaian sebagai strategi baru oleh konselor untuk mereduksi perilaku kecanduan media sosial aplikasi Tik Tok siswa. Konseling kedamaian dapat menjadi salah satu strategi baru konselor untuk membantu siswa dalam menumbuhkan pola pikir damai, sehingga dapat mereduksi perilaku kecanduan media sosial aplikasi Tik Tok. Konsep konseling kedamaian dapat dipalikasikan dalam setting kelompok melalui layanan konseling kelompok, sehingga kedamaian berpikir tersebut dapat menekan keinginan siswa untuk berperilaku tidak memiliki kecanduan media sosial aplikasi Tik Tok. Hasil penelitian ini direkomendasikan untuk diapliaksikan dan diujicoba ataupun dikembangkan modul yang relevan dalam rangka membantu kecanduan siswa dalam aplikasi Tik Tok. 


Full Text:

PDF

References


Adisaputra, F., Budyartati, S., & HS, A. K. (2020). Hubungan penggunaan aplikasi Tik Tok dengan degradasi karakter siswa SD. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 1–11.

Agis, D. P. (2021). PENGGUNAAN APLIKASI TIK TOK DAN EFEKNYA TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN REMAJA ISLAM DI KELURAHAN WAYDADI BARU KECAMATAN SUKARAME.

Aheniwati, A. (2019). PENGARUH INTERNET BAGI ANAK. Edukasia: Jurnal Pendidikan, 6(2).

Aji, W. N. (2018). Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. 431, 431–440.

Aji, W. N., & Setiyadi, D. B. P. (2020). Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Bersastra. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 6(2), 147–157.

Alhadi, S., Nurani, W., Fauziah, M., & Saputra, W. N. E. (2019). Pelatihan implementasi program pendidikan kedamaian di sekolah menengah kejuruan Muhammadiyah Berbah Kabupaten Sleman. 649–656.

Anand, S. (2014). The contemporary issues and significance of peace education in India. International Journal of Research in Humanities, Arts and Literature, 2(10), 47–54.

Aprilia, R., Sriati, A., & Hendrawati, S. (2020). Tingkat kecanduan media sosial pada remaja. Journal of Nursing Care, 3(1). https://doi.org/10.24198/jnc.v3i1.26928

Arrofi, A., & Hasfi, N. (2019). Memahami Pengalaman Komunikasi Orang Tua–Anak Ketika Menyaksikan Tayangan Siswa Di Media Sosial Tik Tok. Interaksi Online, 7(3), 203–208.

Arsriani, I. A. I., & Darma, G. S. (2013). Peran Media Sosial Online Dan Komunitas Terhadap Keputusan Nasabah Bank. Jurnal Manajemen Bisnis, 10(2), 48–68.

Barida, M. (2017). Inklusivitas vs eksklusivitas: Pentingnya pengembangan wawasan kebangsaan dalam mewujudkan kedamaian yang hakiki bagi masyarakat Indonesia. THE 5th URECOL PROCEEDING, 1403–1409.

Batoebara, M. U. (2020). APLIKASI TIK-TOK SERU-SERUAN ATAU KEBODOHAN. Network Media, 3(2), 59–65. https://doi.org/10.46576/jnm.v3i2.849

Briando, B. (2017). Prophetical law: Membangun hukum berkeadilan dengan kedamaian. Jurnal Legislasi Indonesia, 14(3), 325–336.

Buana, T., & Maharani, D. (2020). PENGGUNAAN APLIKASI TIK TOK (VERSI TERBARU) DAN KREATIVITAS ANAK. Jurnal Inovasi, 14(1), 1–10.

Budiasih, I., & Nyoman, G. A. (2014). Metode Grounded Theory dalam riset kualitatif. Jurnal ilmiah akuntansi dan bisnis, 9(1), 19–27.

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Jurnal Publiciana, 9(1), 140–157.

Damayanti, T., & Gemiharto, I. (2019). Kajian Dampak Negatif Aplikasi Berbagi Video Bagi Siswa di Bawah Umur di Indonesia. Communication, 10(1), 1–15. http://dx.doi.org/10.36080/comm.v10i1.809

Deriyanto, D., & Qorib, F. (2019a). Persepsi Mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang terhadap Penggunaan Aplikasi Tik Tok. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 7(2). https://doi.org/10.33366/jisip.v7i2.1432

Deriyanto, D., & Qorib, F. (2019b). Persepsi Mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang terhadap Penggunaan Aplikasi Tik Tok. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 7(2). https://doi.org/10.33366/jisip.v7i2.1432

Dewanta, A. A. N. B. J. (2020). PEMANFAATAN APLIKASI TIK TOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(2), 79–85.

Dewi, D. A., & Listiana, Y. R. (2021). Pengaruh Globalisasi Terhadap Rasa Cinta Tanah Air Pelajar di Banyumas. IJoIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 2(1), 25–34.

Dini, D. C. (2021). DAMPAK PENGGUNAAN APLIKASI TIK TOK DALAM INTERAKSI SOSIAL (Study Kasus di SMA Negeri 11 Teluk Betung Timur Bandar Lampung).

Dyokta, N. A. D. (2020). Profesi Guru Sejarah antara Tantangan dan Peluang Menjadi Guru Milenial di Era 4.0. khazanah: Jurnal Edukasi, 2(2), 115–125.

Fatimah, S. D., Hasanudin, C., & Amin, A. K. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Mendemonstrasikan Teks Drama. Indonesian Journal Of Education and Humanity, 1(2), 120–128.

Fitri, S. (2017). DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF SOSIAL MEDIA TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL ANAK: DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF SOSIAL MEDIA TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL ANAK. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 1(2), 118–123. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v1i2.5

Habsy, B. A. (2017). Seni memehami penelitian kuliatatif dalam bimbingan dan konseling: Studi literatur. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 90–100.

Hartinah, S., Sriati, A., & Kosasih, C. E. (2019). Gambaran Tingkat Gejala Kecanduan Media Sosial pada Mahasiswa Keperawatan Universitas Padjadjaran. Jurnal Keperawatan BSI, 7(1). https://doi.org/10.31311/jk.v7i1.4769

Herlina, U. (2016). Teknik Role Playing dalam Konseling Kelompok. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 2(1), 94–107.

Hidajat, M., Adam, A. R., Danaparamita, M., & Suhendrik, S. (2015). Dampak Media Sosial dalam Cyber Bullying. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 6(1), 72–81. https://doi.org/10.21512/comtech.v6i1.2289

Hidayat, A., Sujana, A., & Al Gadri, H. H. (2018). Representasi Sosial Komunitas Pesantren Tentang Makna Kedamaian. INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 12(1), 107–126. http://dx.doi.org/10.18326/infsl3v12i1

Imro’atun, S. (2017). Keefektifan layanan konseling kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 2(2), 50–57. http://dx.doi.org/10.17977/um001v2i22017p050

Indriasari, E. (2016). Meningkatkan Rasa Empati Siswa Melalui Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Pada Siswa Kelas Xi Ips 3 Sma 2 Kudus Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 2(2).

Ismail, A. W., & Maimunah, E. (2016). Faktor Yang Mempengaruhi Fertilitas Di Kelurahan Tanjung Raya Kecamatan Kedamaian Kota Bandar Lampung. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 5(3), 273–288.

Izza, A. Z., Falah, M., & Susilawati, S. (2020). Studi literatur: Problematika evaluasi pembelajaran dalam mencapai tujuan pendidikan di era merdeka belajar. Konferensi Ilmiah Pendidikan 2020, 1(1), 10–15.

Jani, S., & Weismann, I. T. J. (2021). Pengaruh Kecanduan Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswi Asrama Di Sekolah Tinggi Filsafat Jaffray Makassar. Repository Skripsi Online, 3(1), 158–165.

Kustiawan, A. A., & Enggarwati, S. A. (2021). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Permainan Online Terhadap Kecerdasan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood and Character Education, 1(1), 91–106.

Lara, L., Oktisaputri, E., Papahang, J. E., Doni, A. M. D., & Wea, B. (2021). PEMANFAATAN APLIKASI TIKTOK UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA USIA REMAJA AKHIR SAMPAI DEWASA AKHIR.

Luisandrith, D. R., & Yanuartuti, S. (2020). Interdisiplin: Pembelajaran Seni Tari Melalui Aplikasi Tik Tok Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak. Jurnal Seni Tari, 9(2), 175–180.

Marini, R. (2019). PENGARUH MEDIA SOSIAL TIK TOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMPN 1 GUNUNG SUGIH KAB. LAMPUNG TENGAH.

Marjanti, S. (2015). Upaya meningkatkan rasa percaya diri melalui konseling kelompok bagi siswa x ips 6 sma 2 bae kudus tahun pelajaran 2014/2015. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 1(2), 60–68.

Maupa, H. (2017). Riset marketing: Pendekatan grounded theory. 2(1), 384–396.

Muna, R. F., & Astuti, T. P. (2014). Hubungan antara kontrol diri dengan kecenderungan kecanduan media sosial pada remaja akhir. Jurnal Empati, 3(4), 481–491.

Muslimah, M., Sa’diyah, C., & Nasrulloh, M. E. (2021). PERAN ORANG TUA MENGATASI PERILAKU ANAK DALAM PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SELAMA PANDEMI COVID-19 DI DUSUN ARJOSARI AMPELGADING MALANG. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 6(4), 39–49.

Nazhifah, M., Syaputra, I., Zalukhu, P. S., & Khairi, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tik Tok Terhadap Perilaku Adicted Siswa SLTA Di Kota Pekanbaru. Jurnal Mediakita: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 5(1). https://doi.org/10.30762/mediakita.v5i1.3300

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan teknologi dan pola hidup manusia dalam perspektif sosial budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2(1). https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2616

Ningtias, D. K., Saputra, W. N. E., Mu’arifah, A., & Barida, M. (2020a). Konseling Kedamaian Sebagai Strategi Konselor Untuk Mereduksi Perilaku Agresi Siswa di Era COVID-19. 1(1), 022–029.

Ningtias, D. K., Saputra, W. N. E., Mu’arifah, A., & Barida, M. (2020b). Konseling Kedamaian Sebagai Strategi Konselor Untuk Mereduksi Perilaku Agresi Siswa di Era COVID-19. 1(1), 022–029.

Nurisma, S. Z., Saputra, W. N. E., Putranti, D., & Sutanti, T. (2020). Sosiodrama Kedamaian: Teknik Bimbingan Kelompok dalam Mereduksi Agresivitas Siswa Pada Masa Pandemi COVID-19. 1(1), 148–154.

Pertiwi, S. A. B., & Hidayati, E. (2018). Kecanduan Media Sosial Terhadap Motivasi Belajar pada Remaja di SMA Muhammadiyah 1 Semarang Kecamatan Candisari Kota Semarang. Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama, 7(2), 183–191. https://doi.org/10.31596/jcu.v7i2.263

Pitasari, N. A. A., & Perdhana, M. S. (2018). Kepuasan Kerja Karyawan: Studi Literatur. Diponegoro Journal of Management, 7(4), 605–612.

Putri, W. S. R., Nurwati, N., & Budiarti, M. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perilaku remaja. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1).

Rahmawati, S. (2018). Fenomena Pengguna Aplikasi Tik Tok Dikalangan Mahasiswa Universitas Pasundan Bandung.

Rahmayani, M., Ramdhani, M., & Lubis, F. O. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tiktok terhadap Perilaku Kecanduan Mahasiswa. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(7), 3327–3343. http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i7.3563

Rais, N. S. R., DIEN, M. M. J., & DIEN, A. Y. (2018). Kemajuan teknologi informasi berdampak pada generalisasi unsur sosial budaya bagi generasi milenial. Jurnal Mozaik, 10(2), 61–71.

Raras Putri Wiwoho, A. (2020). Makna Penggunaan Aplikasi Tik Tok pada Generasi Z (Studi Fenomenologi terhadap Pengguna Aplikasi Tik Tok).

Sandy, N. N. F. (2021). Hubungan Antara Sifat Gemar Melakukan Perbandingan Sosial Dan Perilaku Membandingkan Diri Pada Pengguna Media Sosial TikTok.

Santika, I. G. N. N. (2020). Optimalisasi Peran Keluarga Dalam Menghadapi Persoalan Covid-19: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 6(2), 127–137. http://dx.doi.org/10.23887/jiis.v6i2.28437

Saputra, W. N. E., Supriyanto, A., Astuti, B., & Ayriza, Y. (2020a). KONSELING KEDAMAIAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL STRATEGI KONSELOR MEREDUKSI PERILAKU AGRESI.

Saputra, W. N. E., Supriyanto, A., Astuti, B., & Ayriza, Y. (2020b). KONSELING KEDAMAIAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL STRATEGI KONSELOR MEREDUKSI PERILAKU AGRESI.

SARI, D., Madyan, M., & Mahendra, A. (2021). PENGGUNAAN APLIKASI TIK TOK SEBAGAI AJANG EKSISTENSI DIRI (FENOMENOLOGI PENGGUNAAN TIK TOK PADA MAHASISWA UIN SHULTAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI).

Setiadi, A. (2016). Pemanfaatan media sosial untuk efektifitas komunikasi. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 16(2).

Setiawan, M. A. (2015). Model konseling kelompok dengan teknik problem solving untuk meningkatkan self-efficacy akademik siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 4(1). https://doi.org/10.15294/JUBK.V4I1.6869

Suryani, I., Zulfikri, A., & Muhariani, W. (2021). Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Kampanye Untuk Pencegahan Penyebaran Covid-19. J-IKA, 8(1), 93–101. https://doi.org/10.31294/kom.v8i1.10542

Sutanti, T. (2015). Pelaksnaan Layanan Konseling Kelompok Pada Siswa Cerdas Istimewa Di Sma Negeri Kota Yogyakarta. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 1(1), 107379.

Umanailo, M. (2018). Teknik praktis grounded theory dalam penelitian kualitatif.

Umar, M. (2018). Pembinaan kedamaian hidup beragama melalui Optimalisasi pendidikan agama. Jurnal Ilmiah Iqra’, 10(1). http://dx.doi.org/10.30984/jii.v10i1.588

Usrina, N. (2021). Pengaruh Media Sosial Tik Tok terhadap Gaya Komunikasi Santri Taman Pendidikan Al-Qur’an Ar-Risalah.

Utami, A. D. V. (2021). Aplikasi Tiktok Menjadi Media Hiburan Bagi Masyarakat Dan Memunculkan Dampak Ditengah Pandemi Covid-19. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 40–47. https://doi.org/10.35326/medialog.v4i1.962

Valiana, L., Suriana, S., & Fazilla, S. (2020). Dampak Penggunaan Aplikasi TIK TOK Terhadap Perkembangan Karakter Siswa Kelas VI MIN 1 ACEH UTARA. Genderang Asa: Journal of primary education, 1(2), 75–84.

Wahyudi, H. S., & Sukmasari, M. P. (2018). Teknologi dan kehidupan masyarakat. Jurnal Analisa Sosiologi, 3(1).

Walidin, W., & Idris, S. (2015). Metodologi penelitian kualitatif & grounded theory.

Wandi, W. (2020). Sosial Media Tik Tok in Islamic Perspective. Palakka: Media and Islamic Communication, 1(1), 13–22.

Watie, E. D. S. (2016). Komunikasi dan media sosial (communications and sosial media). Jurnal The Messenger, 3(2), 69–74. http://dx.doi.org/10.26623/themessenger.v3i2.270

Wijayanti, R. N., Saputra, W. N. E., Hartanto, D., & Nugraha, A. (2020). Modul Berpikir Damai (Media Konselor Mereduksi Prilaku Agresif Siswa Pada Masa Pandemi COVID-19). 1(1), 121–127.

Yuliani, D. (2019). Aplikasi Riset Kualitatif Grounded Theory untuk Studi Kasus. Jurnal Inspirasi, 10(1), 56–67. https://doi.org/10.35880/inspirasi.v10i1.70

Yusuf, M. (2019). Pengaruh Kemajuan Teknologi dan Pengetahuan terhadap Minat Generasi Milenial dalam Berinvestasi di Pasar Modal. Jurnal Dinamika Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 86–94. https://doi.org/10.21009/JDMB.02.2.3

ZAPUTRI, M. (2021). DAMPAK KECANDUAN MEDIA SOSIAL TIK TOK TERHADAP PERILAKU BELAJAR MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING IAIN BATUSANGKAR.

Zuhro, F., & Faishol, M. (2021). Penggunaan Media Sosial Likee Menurut Perspektif Islam. Sahafa Journal of Islamic Communication, 3(2), 215–230. http://dx.doi.org/10.21111/sjic.v3i2.5463


Refbacks

  • There are currently no refbacks.