Bimbingan dan Konseling sebagai Wadah Meningkatkan Layanan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus

Laela Nurhasanah

Abstract


Salah satu program yang dapat mengoptimalkan layanan pendidikan belajar adalah dengan mengadakan bimbingan dan konseling. Terutama bagi anak dengan kebutuhan khusus. Hal ini kedepannya nanti akan menjadi inspirasi belajar kepada anak berkebutuhan khusus. Selain guru bimbingan konseling juga juga berperan dalam  memperhatikan anak berkebutuhan khusus semasa belajar karena mereka memiliki keistimewaan dalam belajar. Anak berkebutuhan khusus di aspek lain sering kali mengidam masalah-masalah psikologis yang dianggap menghambat potensinya sama seperti manusia biasa lainnya. Tulisan ini didasarkan pada permasalahan yang telah diesebutkan sebelumnya akan menjelaskan lebih lanjut perilaku serta tipe anak berkebutuhan spesial diiringi permasalahan psikis yang bisa jadi dialaminya. Tidak hanya itu, penulis pula mendeskripsikan faktor- faktor pemicu terbentuknya catat raga serta psikis pada anak berkebutuhan spesial serta centuk- bentuk layanan tutorial serta konseling yang bisa diberikan untuk anak berkebutuhan spesial . Pemecahan masalah yang dipilih untuk menyelesaikan kendala bimbingan dan konseling adalah pemecahan masalah (kuratif-korektif ), hasil ini cocok dengan watak sistem tutorial serta konseling semacam preservatif, preventif serta developmental pula bisa diterapkan untuk anak berkebutuhan khsusus. Tujuan dari riset ini merupakan ( 1) Untuk mengenali kedudukan tutorial serta konseling dalam tingkatkan layanan pembelajaran Anak Berkebutuhan Spesial( ABK) di sekolah, (2) Untuk mengenali apa saja wadah buat tingkatkan pembelajaran Anak Berkebutuhan Spesial( ABK) di sekolah, (3) Untuk mengetahu proses layanan pembelajaran buat Anak Berkebutuhan Spesial( ABK) di sekolah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif dengan desain studi literatur digunakan dalam riset. 


Full Text:

PDF

References


Abu Bakar, A. Y., Dawson, C. S., & Ifdil, I. (2020). Students discipline problems perception of counseling services: a qualitative analysis. Journal of Counseling and Educational Technology, 3(2), 62. https://doi.org/10.32698/01191

Awwad, M. (2015). Urgensi Layanan Bimbingan dan Konseling Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Al-Tazkiah: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 4(1), 46–64.

Badiah, L. I. (2017). Urgensi Bimbingan Dan Konseling Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Di Sekolah Inklusi. Seminar Nasional Bimbingan Konseling Universitas Ahmad Dahlan, 123–131. http://seminar.uad.ac.id/index.php/snbkuad/article/view/68

Basuki, A. (2015). Landasan historis bimbingan dan konseling. Uny.Ac.Id.

D., O. N., C., O. M., N., M. T., & A., B. (2012). Guidance and Counseling in Nigerian Secondary Schools: The Role of ICT. International Journal of Modern Education and Computer Science, 4(8), 26–33. https://doi.org/10.5815/ijmecs.2012.08.04

Habsy, B. A. (2017). Filosofi Ilmu Bimbingan Dan Konseling Indonesia. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 2(1), 1. https://doi.org/10.26740/jp.v2n1.p1-11

Hassan, D. R., & Pai, E. M. A. (2018). Inclusive Education : A Journey of Psycho- Educational Development. 5(9), 164–170.

Hikmawati, D. F. M. S. (2016). Bimbingan dan Konseling.

Kim Jiu, C., Zulfia, N., Dwi Rahayu, I., & Jhoni Putra, G. (2020). Students with Intellectual Disability in Special Needs School: A Qualitative Study. International Journal of Multidisciplinary Research and Publications Intellectual Disability in Special Needs School: A Qualitative Study,‖ International Journal of Multidisciplinary Research and Publications (IJMRAP), 2(12), 57–60.

Lattu, D. (2018). Peran Guru Bimbingan dan Konseling pada Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 2(1), 61–67. https://doi.org/10.30598/jbkt.v2i1.236

Ratrie Desningrum, D. (2016). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Depdiknas, 1–149.

Supriyanto, A., Hartini, S., Syamsudin, S., & Sutoyo, A. (2019). Indicators of professional competencies in research of Guidance and Counseling Teachers. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(1), 53. https://doi.org/10.25273/counsellia.v9i1.3927


Refbacks

  • There are currently no refbacks.