Desain Pengembangan Simulasi Permainan Teka-Teki Silang untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa

Zulfanurrahman Nugrahardi, Caraka Putra Bhakti

Abstract


Konsentrasi merupakan suatu komponen yang dibutuhkan siswa dalam proses belajar. Namun masih ada siswa yang menunjukkan bahwa konsentrasi belajar masih rendah.Konsentrasi belajar siswa yang rendah akan menjadi hambatan yang sangat berarti pada proses pembelajaran, karena dapat mengakibatkan prestasi belajar siswa rendah. Pada kenyataannya masih banyak siswa yang sering mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi karena disebabkan oleh kurangnya minat terhadap mata pelajaran yang dipelajari, terganggu oleh keadaan lingkungan, pikiran yang kacau dengan banyak urusan ataupun masalah-masalah kesehatan yang terganggu, bosan terhadap pelajaran/sekolah dan lain-lain. Guru bimbingan dan konseling dapat berperan aktif dalam memberikan layanan, berupa layanan bimbingan kelompok agar siswa dapat mampu meningkatkan konsentrasi belajar. Namun belum adanya media inovatif untuk menunjang layanan bimbingan kelompok. Oleh karena itu tujuan dalam penelitian ini ingin mengembangkan permainan simulasi teka-teki silang ini nantinya dapat digunakan sebagai media dalam layanan bimbingan kelompok untuk membantu meningkatkan konsentrasi belajar siswa.

Full Text:

PDF

References


Qomariyah, N. N., Bhakti, C. P., & Bandono, B. (2020). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Melalui Bimbingan Kelompok bagi Kelas XI TKJ 3. Proseding Pendidikan Profesi Guru, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Unversitas Ahmad Dahlan.

Setya D., Rosada, U. D. (2021). Pengembangan Permainan Simulasi Labirin dalam Layanan Bimbingan Kelompok Tentang Konsentrasi Belajar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, Vol 3, Nomor 1 Tahun 2021, 85-89.

Khalilullah. (2012). Permainan Teka-Teki Silang Sebagai Media Dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Mufradat). Jurnal Pemikiran Islam, Volume 37, No 1. ejournal.uinsuska.ac.id/index.php/Ani da/article/download/309/292.

Wulan, N. P. J. D., Suwatra, I. I. W., & Jampel I. N. (2019). Pengembangan Media Permainan Edukatif Teka-Teki Silang Berorientasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Ips. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 7 No. (1) pp. 66-74

Yuniarti, Marzuki, Marli S. (2016). Pengaruh Teka-Teki Silang Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, Vol 5, No 11

Nurihsan J. N. (2011). Bimbingan Dan Konseling Dalam Berbagai Latar Kehidupan, Bandung: Refika Aditama, hal. 23-24

Tohirin. (2007). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Silberman M. L. (2013). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Cendekat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.