Diskusi Kelompok untuk Mencegah Kecanduan Game Online pada Siswa SMA

Novita Tri Lestari

Abstract


Kecanduan pada game online merupakan kegiatan yang menggunakan atau memainkan game online secara berlebihan dan dapat menganggu atau menghambat kegiatan sehari-hari yang dilakukan oleh seorang pelajar yang semestinya seorang pelajar harus mengerjakan tugas wajibnya yaitu belajar materi pembelajaran baik disekolah ataupun dirumah. Anak yang mengalami kecanduan game online biasanya anak pada masa usia remaja awal hingga dewasa awal, didominasi oleh pelajar SMP hingga SMA. Dampak dari kecanduan game online dibedakan menjadi lima aspek yaitu aspek kesehatan, aspek psikologis, aspek akademik, aspek sosial dan aspek keuangan. Dari lima aspek tersebut terdapat kesenjangan-kesenjangan yang harus dicegah agar siswa SMA tidak lagi mengalami kecanduan pada game online. Usaha pencegahan kecanduan game online dilakukan dengan memberikan layanan bimbingan kelompok pada siswa terkait, dianalisis menggunakan pendekatan kuantitatif dan dengan metode eksperimen. Teknik diskusi kelompok dinilai dapat membantu siswa dalam melakukan pencegahan terhadap kecanduan game online dan mengurangi penggunaan media elektronik. Tujuan dari penelitian  ini yaitu untuk mendeskripsikan bentuk perilaku kecanduan game online pada siswa SMA dan melakukan pencegahan kecanduan game online dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok.


Full Text:

PDF

References


Pande, Ni Putu Artika Mulyani, Marhen, Adijanati. 2015. HUBUNGAN KECANDUAN GAME ONLINE DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 KUTA. Jurnal Psikologi Udayana Vol (2) No (2) 163-171.

Nurul Ismi, Akmal. 2020. Dampak Game Online Terhadap Perilaku Siswa di Lingkungan SMA Negeri 1 Bayang. Journal Of Civic Education: Universitas Negeri Padang.

W. Fauziawati. 2015. Upaya Mereduksi Kebiasaan Bermain Game Online Melalui Teknik Diskusi Kelompok. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan dan Konseling.

Novrialdy, Eryzal. 2019. Kecanduan Game Online pada Remaja: Dampak dan Pencegahannya. Buletin Psikologi: Universitas Negeri Padang.

Lebho, Maria Agustina, Lerik, M Dinah Charlota Wijaya, R Pasifikus Ch. 2020. Perilaku Kecanduan Game Online Ditinjau dari Kesepian dan Kebutuhan Berafiliasi pada Remaja : Universitas Nusa Cendana.

Tantri Widyarti, Atik Hodikoh. 2020. Kecanduan Game Online Berhubungan dengan Penyesuaian Sosial Pada Remaja. Jurnal Keperawatan: Poltekkes Kemenkes Bandung.

Syiful, Segala. 2014. Konsep dan Makna pembelajaran. Bandung: CV. ALFABETA


Refbacks

  • There are currently no refbacks.