Efektivitas Musik Jazz terhadap Kecerdasan Emosional (EQ) pada Siswa KELAS VII SMP Negeri 1 Sedayu

Redhoni Rahman

Abstract


Kecerdasan emosional merupakan hal yang sangat penting dalam menunjang keberhasilan, kesuksesan dalam akademik maupun bersosial, hal tersebut di karenakan kecerdasan emosional merupakan kemampuan yang di miliki seseorang dalam mengenali, memotivasi, mengekspresikan emosi dan kemampuan dalam mengambil sebuah keputusan. Dalam hal ini, remaja merupakan masa yang sangat sulit dalam mengendalikan emosi, karena masa remaja merupakan masa yang sangat sensitif dan penuh emosional. Pemberian musik jazz di harapkan dapat memberikan dampak serta pengaruh yang positif bagi perkembangan siswa, hal tersebut di pertimbangkan karena musik jazz dapat memberikan efek flow yang di butuhkan oleh manusia, selain itu, musik pada hakekatnya merupakan komponen seni yang dapat memberikan rasa senang, Bahagia, serta nyaman bagi seseorang.

Full Text:

PDF

References


Hermawan, Iwan. 2019. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Mixed Methode. Hidayatul Quran Kuningan

Pasek, Nyoman S. 2016. Pengaruh Kecerdasan Intelektual Pada Pemahaman Akuntansi Dengan Kecerdasan Emosi Dan Kecerdasan Spiritual Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi • Vol. 1 (1), 62-76

Roffiq, A., Qiram, I., & Rubiono, G. (2017). Media musik dan lagu pada proses pembelajaran. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 2(2), 35-40.

MAULIDA, R. N., & LIANA, C. (2018). Benny Likumahuwa dalam Perkembangan Musik Jazz di Indonesia Tahun 1966-1986. Avatara, 6(2).

Sugiyono, P.D. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta

Saputra, W. N. E. (2017). Musik Dan Konseling: Sebuah Inovasi Dengan Mengintegrasikan Seni Kreatif Dalam Konseling. In Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling (Vol. 1, No. 1, pp. 395-401).

Afero, B., & Adman, A. (2016). Peran kecerdasan emosional sebagai faktor yang mempengaruhi kemandirian belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 1(1), 215-223.

Thaib, E. N. (2013). Hubungan Antara prestasi belajar dengan kecerdasan emosional. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 13(2).

Suharsimi Arikunto. (2014). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Yulissusanti, D. A., Widodo, P. B., & Rusmawati, D. (2013). Pengaruh musik jazz terhadap kecerdasan emosi pada remaja SMA Kelas XI. Jurnal EMPATI, 2(3), 70-83.

Purnomo, P., & Palupi, M. S. (2016). Pengembangan tes hasil belajar matematika materi menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak dan kecepatan untuk siswa kelas V. Jurnal Penelitian, 20(2).

Hakim, L. N. (2013). Ulasan Metodologi Kualitatif: Wawancara Terhadap Elit. Aspiras. Jurnal Masalah-masalah Sosial, 4(2), 165-172.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.