Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Management untuk Mereduksi Prokrastinasi Akademik pada Siswa di SMA Ali Maksum

Rezza Aprillia

Abstract


Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia, baik dalam keluarga, masyarakat, dan bangsa. Kemajuan suatu bangsa ditentukan oleh tingkat keberhasilan pendidikan. Keberhasilan pendidikan akan dicapai apabila ada kesadaran untuk meningkatkan mutu bangsa itu sendiri serta mau mengadakan evaluasi terhadap fungsi dan tujuan dari pendidikan tersebut. prokrastinasi adalah kebiasaan penundaan yang tidak bertujuan dan proses penghindaran tugas yang sebenarnya tidak perlu dilakukan. Hal ini terjadi karena adanya ketakutan untuk gagal dan pandangan bahwa segala sesuatu harus dilakukan dengan benar. teknik self administration dalam layanan bimbingan kelompok dapat menurunkan prokrastinasi akademik siswa. Kesimpulan diperoleh sesuai dengan temuan penelitian dimana sebelum dilakukannya tindakan dan sesudah dilakukannya layanan konseling kelompok teknik self management.

Full Text:

PDF

References


RAMADHAN, Restu Pangersa; WINATA, Hendri. Prokrastinasi akademik menurunkan prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 2016, 1.1: 154-159.

Wibowo, Mungin Eddy, dan Awalya. 2016. Mereduksi Prokrastinasi Akademik Siswa SMP Melalui Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Self Management. Jurnal Bimbingan dan Konseling. ISSN: 2252-6374. Vol.3. No. 7

Damayanti, Nidya. 2012. Panduan Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Araska

Prayitno, Amti Erman. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta

Wolter, W. (2003). Procrastination’s Relation with Fear of Failure, Competence Expetency and Intrinsic Motivation. Psychological Bulletin, PP 123-127.

Wyk, L. (2004). The Relationsip Between Procrastination and Stress In the Life Of The High School teacher. Universitas of Pretoria.

Rumiani. (2006). Prokrastinasi Akademik Ditinjau dari Motivasi Berprestasi dan Stress Mahasiswa. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro, PP 2-4.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.