Efektivitas Layanan Informasi dengan Media Audiovisual untuk Mengubah Persepsi Negatif Peserta Didik terhadap Guru BK

Meizke Ratna Ningrum

Abstract


Persepsi adalah proses yang mendahului proses sensorik, yang dipicu. Sebuah proses yang terpisah dari proses persepsi yang mendahului proses persepsi. Jenis penelitian atau metode yang digunakan adalah kuantitatif dan penting berdasarkan jumlah pengumpulan data, interpretasi data, dan penyajian hasil. Kegiatan yang dlakukan oleh guru BK salah satunya layanan informasi adalah kegiatan dimana siswa dapat  mengetahui mendapatkan materi yang diperlukan yang kemudian dimana siswa tersebut dapat menjadi evaluasi bagi diri mereka dan apa yang ada disekeliling mereka. Media yang digunakan juga perlu disesuaikan dengan apa yang siswa tersebut butuhkan sehingga apa yang nantinya mereka dapat memiliki manfaat yang besar untuk mereka kedepannya.  Persepsi merupakan proses yang mendahului proses sensorik. Proses menerima rangsang dari indera melalui indera disebut juga proses sensorik. Kegiatan yang dilakukan juga menjadi salah satu bagaimana proses layanan BK  membantu guru BK untuk mengubah persepsi negative siswa kepada mereka. Dalam hal ini persepsi baik maupun negative bisa juga disebut proses sensorik dan proses selanjutnya adalah proses perseptual. Hal ini tidak terlepas dari proses verifikasi sebagai tahap awal dari proses persepsi.


Full Text:

PDF

References


Amelia, A. (2018). EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENGUBAH PERSEPSI NEGATIF PESERTA DIDIK TERHADAP GURU BK KELAS XI IPS SMAN 14 BANDAR LAMPUNG TP 2017/2018 (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Arikunto, Suharsimi. 2013. Manajemen Penelitian. Jakarta. Rineka Cipta

Arwidita. Hubungan Antara Persepsi Terhadap Layanan Konseling Individual dengan Minat Berkonseling pada Siswa SMKN 1 Kota Bengkulu”. (On-Line), tersedia di:repository.unib.ac.id/6238/ ( 29 Desember 2016)

Astuti, R. W. (2013). Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling untuk Merubah persepsi Negatif Siswa di Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Lamongan. Jurnal BK UNESA, 3(1).

FADILAH, R. S. (2020). EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN BAHAYA NARKOBA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 16 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019 (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Fatoni, Abdurrahman. 2011.Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi.Jakarta: Rineka Cipta.

Halen. 2005. Bimbingan dan Konseling. Ciputat: Ciputat Press.

Handayani, Ade Suhartini. Impelementasi Layanan Informasi Bimbingan dan Konseling Melalalui Jejaring Sosial Facebook di MAN Yogyakarta III”. (On-Line), Tersedia di:http://digilib.uin-suska.ac.id (20 Desember 2016)

Harsenda, Y. A. LAYANAN INFORMASI UNTUK MENGUBAH PERSEPSI SISWA TENTANG LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMK NEGERI 3 KEDIRI APPLICATIONOF INFORMATION SERVICE FOR CHANGING PERCEPTIONS OF STUDENT ABOUT GUIDANCE AND COUNSELING SERVICE IN SMKN 3 KEDIRI.

Juni, P. (2015). UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGUBAH PERSEPSI NEGATIF SISWA TENTANG BIMBINGAN DAN KONSELING DI MADRASAH ALIYAH NEGERI BUNTOK KABUPATEN BARITO SELATAN (Doctoral dissertation, Tarbiyah dan Keguruan).

MEGA, U. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA LAYANAN INFORMASI BERUPA AUDIO VISUAL UNTUK PEMAHAMAN BAHAYA GAME ONLINE DI SMAN 6 BANDAR LAMPUNG (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG).

MEGA, U. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA LAYANAN INFORMASI BERUPA AUDIO VISUAL UNTUK PEMAHAMAN BAHAYA GAME ONLINE DI SMAN 6 BANDAR LAMPUNG (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG).

MUHAMMAD, A. (2021). PELAKSANAAN LAYANAN INFORMASI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII MTs AL-KHAIRIYAH NATAR TAHUN AJARAN 2019/2020 (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).

Sartini, M. (2018). Upaya mengurangi persepsi negatif siswa terhadap guru bk melalui layanan informasi di kelas x mia 4 man 3 Medan tp 2017/2018 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Sukerti, N. K. (2020). MEMAKSIMALKAN LAYANAN INFORMASI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 2 TEJAKULA PADA SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Daiwi Widya, 7(3).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.