Efektivitas Layanan Konseling Individual Teknik Behavior Self-Managemen untuk Mengatasi Prokastinasi Akademik Siswa

Zaky Hermawan

Abstract


Layanan konseling individu merupakan layanan bimbingan dan konseling yang membantu peserta didik disekolah untuk membantu siswa dengan bertatap muka langsung antara konselor dan konseli. Dalam hal ini guru pembimbing membahas permasalahan yang dialami konseli menggunakan teknik behavioral yang dimana adanya perjanjian antara kedua belah pihak antara konselor dan konseli untuk mencapai perilaku yang diharapkan konseli. Teknik self managemen digunakan sangat efektif untuk mengatasi prokrastinasi akademik karena memiliki tujuan untuk dapat mengatasi perilaku negative yang dimiliki siswa dalam hal penundaan pengerjaan tugas akademiknya atau disebut sebagai prokrastinasi akademik. Prokrastinasi akademik merupakan penundaan pengerjaan tugas sampai harinya tiba baru dikerjakan dengan menggunakan system kebut semalem yang memiliki dampak bagi dirinya sendiri yaitu pengerjaan kurang maksimal dan mendapatkan nilai yang kurang memuaskan. Penelitian kali ini menggunakan penelitian kualitatif menggunakan rumus Wilcoxon untuk dapat mengetahui keefektifitasan layanan konseling individu terhadap permasalahan prokrastinasi akademik siswa, dengan menggunakan treatment layanan konseling individu dapat disimpulkan bahwa penelitian menggunakan kualitatif Wilcoxon dengan layanan konseling individu sangat efektif untuk dapat mengatasi permasalahan yang dialami siswa yaitu prokrastinasi akademik siswa. 


Full Text:

PDF

References


(Tjundjing, 2006). (2006). Apakah Prokrastinasi Menurunkan Prestasi? Sebuah Meta-Analisis Sia Tjundjing. Indonesian Psychological Journal, 22(1), 17–27.

AGUS SUSILO, F. (2013). Peningkatan Efektivitas Pada Proses Pembelajaran. MATHEdunesa, 2(1).

Ahmad Putra. (2019). Dakwah Melalui Konseling Individu. ENLIGHTEN (Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam), 2(2), 97–111. https://doi.org/10.32505/enlighten.v2i2.1201

Alamri, N. (2015. (2015). Layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management untuk mengurangi perilaku terlambat masuk sekolah (studi pada siswa kelas X SMA 1 Gebog tahun 2014/2015.

Amanun, K. (2007). Prodi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 160–166.

Ardiyana, D. P. (2019). Layanan Konseling Individual Di MTsS YMPI (Yayasan Madrasah Pendidikan Islam) Sei Tualang Raso Kota Tanjungbali. 3(1), 132–150.

Batubara, J. (2015). (2015). EFEKTIVITAS KONSELING REALITA UNTUK MENGURANGI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami, 1(2), 22-33. skripsi, 22–33.

Dewi, K. (2016). Pengaruh komunikasi interpersonal dan pemberian reward terhadap minat belajar melalui motivasi belajar siswa kelas vi dalam pembelajaran bahasa inggris di sd kristen petra 9 surabaya. Petra Business & Management Review, 2(1), 15–32.

Dewi, S. S., & Alfita, L. (2015). Perbedaan prokrastinasi akademik antara mahasiswa yang berpacaran dan tidak berpacaran. Jurnal DIVERSITA, 1(1), 7–19. http://ojs.uma.ac.id/index.php/diversita/article/view/1081

Erlina, N., & Fitri, L. A. (2016). (2016). Pendekatan Behavioral Untuk Mengurangi Perilaku Membolos Peserta Didik Kelas VIII MTs Miftahul Ulum Merabung III Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus. Jurnal Konseli BK Tarbiyah UIN RIL, Vol 03(1), 19–28.

Fauziah, H. H. (2016). Fakor-Faktor Yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Uin Sunan Gunung Djati Bandung. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(2), 123–132. https://doi.org/10.15575/psy.v2i2.453

Fitriani, S. (2019). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 229–238. https://doi.org/10.30651/else.v3i2.3011

Guna, D., Tugas-tugas, M., & Syarat, M. (2018). Penerapan layanan konseling individual untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa kelas x mas al- washliyah 22 tembung tahun pembelajaran 2017/2018 skripsi.

Hakim, L. N. (2013). Ulasan Metodologi Kualitatif: Wawancara Terhadap Elit. Aspirasi, 4(2), 165–172. https://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/501

Handayani, I., & AlFarhatan Noor Asri, A. M. (2021). Peran Guru dan Orangtua dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Anak Slow Learner di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(2), 202–212. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.36014

Hasanah, R. A., & Hakim, I. A. (2020). Prokrastinasi Akademik Di Sma Negeri 2 Lubuklinggau. 2, 23–29.

Iven, K. (2008). I Love You Tomorrow: Prokrastinasi Akademik dan Manajemen Waktu Iven Kartadinata dan Sia Tjundjing. Indonesian Psychological Journal, 23(2), 109–119.

Jaelani, A. Q. (2019). Strategi Meningkatkan Kecerdasan Emosional dan Spiritual Siswa. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 13(1), 97–106. https://doi.org/10.24090/komunika.v13i1.2056

Kadafi, A., Mardiyah, R. R., & Rahmawati, N. K. D. (2019). Jurnal edukasi igi. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 4(2), 181–193. http://103.107.187.25/index.php/cobaBK/article/view/3882

Khairat, U., Maputra, Y., & Rahmi, F. (2014). Pengaruh Prokrastinasi Akademik Terhadap Perilaku Menyontek Pada Siswi SMA di Pesantren X. Jurnal RAP UNP, 5(2), 192–203.

Marisa, C., Yekti, W. B., & Karneli, Y. (2020). Konseling behavior contract untuk mengurangi perilaku membolos sekolah di tingkat menengah kejuruan. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(2), 330–338. https://doi.org/10.26539/teraputik-42421

Muratama, M. S. (2018). Layanan Konseling Behavioral Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Disiplin Dan Tanggung Jawab Belajar Siswa Di Sekolah. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.29407/nor.v5i1.11793

Muslih, Y. N., Wibowo, M. E., & Purwanto, E. (2017). Konseling Behavioral menggunakan Teknik Kontrak Perilaku dengan Students’ Logbook untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1), 34–43.

Musyirifin, Z. (2020). Implementasi Sifat-Sifat Rasulullah Dalam Konseling Behavioral. Al - Irsyad : Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 11(2), 151–159.

Muyana, S. (2018). Prokrastinasi akademik dikalangan mahasiswa program studi bimbingan dan konseling. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(1), 45. https://doi.org/10.25273/counsellia.v8i1.1868

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Risdiana, A. (2014). Tranformasi Peran Da’i Dalam Menjawab Peluang Dan Tantanggan. Jurnal Dakwah, XV(2), 433–451. http://ejournal.uin-suka.ac.id/dakwah/jurnaldakwah/article/view/315

Sa’diyah, H., Chotim, M., & Triningtyas, D. A. (2017). Penerapan Teknik Self Management Untuk Mereduksi Agresifitas Remaja. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(2), 67. https://doi.org/10.25273/counsellia.v6i2.1018

Saputra, M. A. (2014). Instrumen Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Dan Pengembangan. Implementation Science, 39(1), 1–24. http://dx.doi.org/10.1016/j.biochi.2015.03.025%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/nature10402%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/nature21059%0Ahttp://journal.stainkudus.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/1268/1127%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/nrmicro2577%0Ahttp://

Septina, R. A. (2020). EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF TALK DAN SELF INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN REGULASI DIRI SISWA ( Penelitian pada Siswa Kelas VIII SMP Mutual Kota Magelang ).

Sirait, L. A., & Menanti, A. (2018). PENGARUH KONSELING INDIVIDUAL DENGAN PENDEKATAN CLIENT CENTERED TERHADAP ETIKA BERGAUL SISA DI KELAS X IPA 2 SMAN 4 MEDAN. PSIKOLOGI KONSELING,. 205–213.

Sriwahyuni, I., Khusus, D. P., Pendidikan, F. I., & Indonesia, U. P. (2018). Teknik Behavior Contract Untuk Mengurangi Perilaku Hiperaktif Pada Peserta Didik Low Vision. Jassi Anakku, 19(1), 49–54.

Steel, P., Brothen, T., & Wambach, C. (2001). Procrastination and personality, performance, and mood. Personality and Individual Differences, 30(1), 95–106. https://doi.org/10.1016/S0191-8869(00)00013-1

Sukiyem, S. (2020). (2009). MENGATASI PERMASALAHAN BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK PENGELASAN MELALUI KONSELING EKLEKTIF DENGAN PERILAKU ATTENDING. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 03(02), 129–134.

Suwanto, I. (2016). Konseling Behavioral Dengan Teknik Self Management Untuk Membantu Kematangan Karir Siswa SMK. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 1(1), 1. https://doi.org/10.26737/jbki.v1i1.96

Triyono, & Khairi, A. M. (2018). Prokrastinasi Akademik Siswa SMA (Dampak Psikologis Dan Solusi Pemecahannya Dalam Perspektif Psikologi Pendidikan islam). Al Qalam, 19(2), 58–74.

Tutiona, Munir, Ratu, Hidayat, S., Suryantoro, H., & Wiratama, J. (2016). Program Studi Bimbingan dan Konseling, Kampus FKIP Untad Bumi Tadulako Tondo 59. Konseling & Psikoedukasi, 1(2), 415.

Ulfa, D. (2017). Efektivitas Layanan Konseling Behavioral dengan Teknik Self-Management untuk Mengembangkan Tanggung Jawab Belajar pada Peserta Didik Kelas XI SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016 Mega Aria Monica, Ruslan Abdul Gani. 03(2), 119–132.

Wulan, D. A. N., & Abdullah, S. M. (2014). Prokrastinasi Akademik Dalam Penyelesaian Skripsi. Jurnal Sosio - Humaniora, 5(1), 1–25. file:///C:/Users/anggirahmas/Downloads/136-379-1-PB.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.