Keefektifan Teknik Manajemen Diri untuk Mereduksi Perilaku Agresif Siswa
Abstract
Perilaku agresif yaitu perilaku yang dimiliki oleh setiap orang. Perilaku agresif ialah suatu perilaku fisik ataupun perilaku verbal yang memiliki tujuan untuk melukai individu lain. Perilaku agresif disebabkan ketika individu belum bisa mengontrol emosi yang membuat individu tersebut menjadi terancam dan mudah marah. Dalam hal ini diperlukannya peran konselor untuk mereduksi perilaku agresif siswa. Adapun dampak yang ditimbulkan dari perilaku agresif ini yaitu dampak buruk secara fisik, psikis, sosial, integritas, objek atau lingkungan. Tujuan dari penelitian ini yaitu menguji penerapan layanan konseling kelompok dengan teknik manajemen diri untuk membantu mereduksi perilaku agresif yang terjadi pada siswa. Teknik manajemen diri digunakan untuk merubah, menata perilaku seseorang agar dapat mengelola dirinya sendiri demi tercapainya kemandirian dalam hidupnya agar dapat berjalan produktif. Metode yang dipakai adalah kajian literatur dari berbagai kajian jurnal nasional maupun internasional yang dikutip dari tahun 2012 sampai dengan tahun 2021. Kata kunci yang digunakan dalam pencarian jurnal kajian adalah perilaku agresif siswa dan teknik manajemen diri.
Full Text:
PDFReferences
Penerapan Teknik Self Management Dalam Mengurangi Tingkat Perilaku Agresif Siswa. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 2(1), 67. https://doi.org/10.31100/jurkam.v2i1.85
Abdillah, F., & Fitriana, S. (2021). Penerapan Konseling Cognitive Behaviour dengan Teknik Self Management untuk Mengatasi Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa. 2(1), 14.
Gunawan, I. M., Hartati, A., & Mulachela, F. S. (2020). Pengaruh Konseling Kelompok Terhadap Perilaku Agresif Siswa di SMKN 4 Mataram. Jurnal Paedagogy, 7(4), 385. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2881
Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619
Husen, M., & Bakar, A. (n.d.). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB PERILAKU AGRESIF PADA SISWA. 6.
Intervensi konseling nur salim.pdf. (n.d.).
Jaedun, A. (n.d.). METODOLOGI PENELITIAN EKSPERIMEN. 13.
Karneli, Y. (2019). UPAYA GURU BK/KONSELOR UNTUK MENURUNKAN PERILAKU AGRESIF SISWA DENGAN MENGGUNAKAN KONSELING KREATIF DALAM BINGKAI MODIFIKASI KOGNITIF PERILAKU. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 32. https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i2.430.000-000
Latifa, N., Dharmayana, I. W., & Afriyati, V. (2019). EFEKTIFITAS LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MEREDUKSI PERILAKU AGRESIF SISWA KELAS VIIISMP NEGERI 12 KOTA BENGKULU. 2(2), 9.
Matondang, Z. (2009). VALIDITAS DAN RELIABILITAS SUATU INSTRUMEN PENELITIAN. 11.
Nabila, S. (n.d.). FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIMRIAU 2020. 110.
Novie Azizah, E., Koesmadi, D. P., & Widyaningsih, I. (2021). PENGARUH METODE EKSPERIMEN MELALUI MEDIA REALIA TERHADAP KEMAMPUAN SAINS ANAK USIA DINI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1), 82–91. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i1.159
Nurani, W., Saputra, W. N. E., Mu’arifah, A., & Barida, M. (2020). BIMBINGAN KEDAMAIAN: IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KEDAMAIAN DALAM SETING BIMBINGAN UNTUK MEREDUKSI AGRESIVITAS. 8.
Prasetyo, D. D. (2020). PERAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SELF-MANAGEMENT DALAM MENGURANGI AGRESIFITAS REMAJA. 2, 11.
Pratama, H. A., & Latifah, M. (2020). Konseling kelompok strategi manajemen diri efektif untuk menurunkan perilaku agresif non verbal siswa. TERAPUTIK Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(2), 8.
Ridha, N. (2017). PROSES PENELITIAN, MASALAH, VARIABEL DAN PARADIGMA PENELITIAN. 14(1), 9.
Robinson, R., Diana, L., Zebua, K., Damanik, M. B., Hasibuan, H. G. S., & Hartini, S. (2020). Kesepian ditinjau dari Perilaku Agresi Pada Lingkungan Pembina Khusus Anak Kota Medan. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 9(3), 205. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v9i3.4619
Sa’diyah, H., Chotim, M., & Triningtyas, D. A. (2017). PENERAPAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MEREDUKSI AGRESIFITAS REMAJA. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(2), 67. https://doi.org/10.25273/counsellia.v6i2.1018
Salmiati, S. (2018). Penerapan Teknik Self Management Dalam Mengurangi Tingkat Perilaku Agresif Siswa. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 2(1), 67. https://doi.org/10.31100/jurkam.v2i1.85
Sari, S. P., Indasari, M., & Surtiyoni, E. (2020). Konseling Kelompok Singkat Berorientasi Solusi menggunakan media boneka untuk mengurangi agresivitas Siswa. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 10(2), 147. https://doi.org/10.25273/counsellia.v10i2.7569
Sari, S. P., Sutrisno, J., & Rogamelia, R. (n.d.). UPAYA GURU BK DALAM MEREDUKSI PERILAKU AGRESIF VERBAL SISWA DISEKOLAH MELALUI TEKNIK SELF MANAGEMENT PADA SISWA KELAS X SMA PERINTIS 1 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. 10.
Wibowo, I. T., Madjid, A., & Marietta, D. J. R. (n.d.). PENDIDIKAN PERDAMAIAN SEBAGAI STRATEGI DALAM PENCEGAHAN KONFLIK DI SMA KOLESE DE BRITTO. 22.
Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1). https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100
Refbacks
- There are currently no refbacks.